//Prospek Kerja Jurusan Rekayasa Kehutanan

Prospek Kerja Jurusan Rekayasa Kehutanan

Program studi Rekayasa Kehutanan merupakan program studi yang mempelajari teknik dan ilmu kehutanan untuk menjaga dan memperbaiki hutan sehingga bisa memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat di masa yang akan datang. Prospek kerja jurusan Rekayasa Kehutanan ini lebih terkonsentrasi untuk di lingkungan Instansi Pemerintahan dan LSM, namun begitu lulusan Rekayasa Kehutanan bisa juga bekerja di bidang-bidang lainnya sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.

Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan, taksonomi Tumbuhan, Genetika Tumbuhan, Ilmu tanah, Biometri Hutan, Termodinamika Sistem Ekologi, Genetika Tumbuhan, Ekologi Hutan dan lain sebagainya.

Berikut langsung saja, prospek kerja jurusan Rekayasa Kehutanan selengkapnya :

1. Instansi Pemerintahan

Lemabaga pemerintahan yang paling coco untuk lulusan Rekayasa Kehutanan diantaranya seperti Kementrian Kehutanan, Kementrian Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan Daerah, dan lain sebagainya. Di Instansi-instansi ini, diharapkan lulusan Rekayasa Kehutanan bisa menjadi salah satupendorong terjadinya inovasi baru dalam mengelola hutan di negara kita. Apalagi hutan tropis kita merupakan hutan paling terkenal di dunia setelah hutan Amazon.

2. LSM

Lembaga-lembaga swadaya masyarakat juga bisa menambah pengalaman karir kamu di bidang kehutanan. Banyak sekali LSM yang bergerak di bidang kehutanan terutamanya. Hampir di setiap daerah pasti mempunyai LSM kehutanan.

3. Perusahaan di Industri Kehutanan dan perkebunan

kamu juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan kehutanan dan perkebunan sebagai staf ahli peneliti tumbuhan. Selain itu, banyak juga perusahaan perkebunan yang akan membutuhkan kemampuan dan kompetensi yang kamu miliki.

4. Tenaga Pengajar

Jika kamu memilih untuk menjadi seorang tenaga pengajar seperti Dosen, maka kesempatan kamu pun juga terbuka. Kamu bisa mengambil S2 dan menjadi dosen di Universitas-universitas dengan program studi kehutanan ataupun pertanian.

5. Lembaga Penelitian

Hutan memang selalu membutuhkan banyak penelitian. Banyak potensi yang tidak kita ketahui, banyak hal-hal lain juga yang harus diketahui demi kepentingan bersama. Dan penelitian-penelitian ini juga bisa salah satu gerakan untuk mengetahu cara terbaik menyelamatkan kehutanan kita.

6. Wirausahawan

Kamu juga bisa menjadi seorang wirausahawan. Yang paling tepat ya tentunya menjadi pengusaha yang berhubungan dengan bidang-bidang kehutanan, pepohonan dan tumbuhan, misalnya bisa mengembangkan perusahaan bibit-bibit tumbuhan dan kayu, atau lain sebagainya.

 

Image Sourve : Mariya Chorna | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US