//Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Psikologi, memang sebuah program studi yang masih belum banyak orang minati. Banyak hal-hal yang menjadi alasan mereka tidak mau masuk Psikologi, seperti takut mata kuliahnya sulit-sulit, takut prospek kerjanya susah, atau takut ketemu temen yang aneh-aneh dan lain sebagainya. Padahal kenyataannya, program studi Psikologi ini tidak seperti apa yang di bayangkan oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu, kita akan mecoba untuk mengupas beberapa prospek kerja jurusan psikologi.

Program studi Psikologi sendiri pada umumnya adalah program studi yang mempelajari tentang perilaku dan kejiwaan manusia. Semasa perkuliahan kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah, seperti Psikologi Sosil, Psikologi Klinis, Psikologi Kepribadian, Psikologi Komunikasi, Antropologi Budaya, dan lainnya.

Langsung saja, berikut beberapa prospek kerja bagi lulusan Psikologi :

1. Staff Sumberdaya Manusia (SDM)

Lulusan dari Psikologi memang mempunyai kompetensi untuk bekerja di sebuah perusahaan di bagian SDM. Bagian ini adalah bagian yang bertugas untuk mengelola sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan dengan sebaik mungkin, menciptakan suasana terbaik di kantor, dan hal-hal lainnya yang bersangkutan dengan tenaga kerja untuk memberikan dampak positif terhadapa perusahaan. Jadi, bagian SDM ini adalah bagian yang harus di isi oleh orang-orang terbaik di bidangnya.

2. Psikolog 

Sebenarnya, untuk menjadi seorang psikolog maka lulusan S1 psikologi harus kuliah lagi S2 Psikologi klinis untuk mendapatkan gelar ini. Psikolog adalah orang yang mempunyai kemampuan dan pengetahuan khusus untuk menganalisis kejiwaan seseorang secara detail. Bidang psikolog ini sangat luas sekali, karena dibutuhkan oleh berbagai bidang, baik itu swasta, pemerintahan, rumah sakit, dan lainnya, atau bahkan medirikan tempat praktik sendiri.

Nah lalu bagaimana jika kamu hanya kuliah sampai s1 saja ? maka kamu akan lebih ke sebagai asisten dari psikolog, hanya membuat laporan-laporan terhadap pasien di bawah arahan Psikolog.

3. Konselor

Konselor adalah orang yang menjadi pemandu orang lain yang melakukan konsultasi. Konsultasi di sini biasanya untuk berbagai hal seperti keadaan / sifat anak, bakat, dan lain sebagainya. Seorang konselor ini bisa bekerja di bawah perusahaan, mendirikan tempat konseling sendiri, atau bekerja di instansi-instansi pendidikan menjadi guru konseling/BP.

4. Tenaga Pengajar / Dosen

Setelah lulus s1, kamu lanjutkan ke s2 psikologi, maka kamu juga bisa menjadi seorang Dosen di Universitas dan menjadi ahli psikologi untuk memberikan pengajaran di instansi-instansi pendidikan atau instansi lainnya yang membutuhkan. Selain menjadi dosen, jika belum melanjutkan s2, kamu juga bisa menjadi seorang guru di sekolah-sekolah kepribadian, atau sekolah berkebutuhan khusus.

5. Bidang Umum

Selain bidang-bidang tadi, kamu juga masuk ke bidang-bidang umum yang sesuai dengan kemampuan serta kompetensi yang kamu miliki. Contohnya, banyak lulusan psikologi yang menjadi penulis dan menerbitkan buku-buku tentang kepribadian dan psikologi, menjadi seorang motivator atau trainer pun bisa saja kamu geluti.

 

Image Source : Alejandro Mallea

loading...
Share this :
loading...