//Prospek Kerja Jurusan Peternakan

Prospek Kerja Jurusan Peternakan

Dunia peternakan di negara kita bisa dibilang belum terlalu populer, banyak kebutuhan dalam negeri yang masih impor. Namun hal ini bertanda bagus, bahwa prospek kerja di bidang peternakan akan terus berkembangnya, seiring dengan meningkatnya kebutuhan dalam negeri dan dorongan dari berbagai pihak untuk tidak mengandalkan impor.

Hal itu menuntut industri peternakan dalam negeri untuk berbenah dan terus berkembang, agar kita tidak terus-terus tergantung pada suplai impor. Apalagi kondisi dari negara kita sendiri cukup potensial untuk menggalakan sektor peternakan.

Program Studi Peternakan atau Ilmu Peternakan adalah program studi yang mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan peternakan, seperti teknologi produksi, pakan, pengolahan dan juga manajemennya.

Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Ilmu Peternakan, Biologi, Ilmu Ekonomi, Agribisnis, Fisiologi Ternak, Teknologi Peternakan, Kewirausahaan dan lain sebagainya. Sementara gelar sarjana yang di dapa ketika selesai kuliah adalah Sarjana Peternakan(S.Pt)

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Ilmu Peternakan :

1. Perusahaan Peternakan

Banyak sekali jenis perusahaan peternakan, namun intinya sama yakni memproduksi hewan ternak yang akan siap untuk dipasarkan pada khalayak. Di perusahaan peternakan ini lulusan Ilmu Peternakan bisa mengisi posisi di Manajerial maupun Operasional.

2. Perusahaan Pakan Ternak

Selain di perusahan peternakannya, lulusan Ilmu Peternakan juga bisa bekerja di perusahaan yang memproduksi pakan ternak karena masih pada cakupan kompetensi yang dimiliki.

3. Perusahaan Obat Hewan

Selain Perusahaan Pakannya ternak, juga obatnya ternak. Perusahan Obat hewan ini sebagai salah satu pendorong industri peternakan.

4. Instansi Pemerintahan

Selain bekerja di perusahaan, tentu saja lulusan Ilmu Peternakan mempunyai kesempatan yang sama untuk berkarir di instansi pemerintahan. Instansi-instansi yang paling relevan adalah Kementrian Pertanian, Kementrian Perindustrian, dan Balai Penelitian.

5. Wirausahawan

Wirausahawan juga bisa menjadi opsi bagi lulusan Ilmu Peternakan, apalagi dengan semakin besarnya peluang bisnis di sektor peternakan. Tentu saja jika semakin banyak pengusaha di bidang ini, maka akan bisa di jamin bahwa industri peternakan akan semakin maju.

6. Tenaga Pengajar

Menjadi pengajar juga bisa menjadi opsi, apalagi bagi orang yang mempunyai passion berbagi ilmu. Pengajar ini bisa di SMK-SMK pertanian, atau bahkan menjadi dosen, namun tentu sja harus minimal s2 dulu jika ingin menjadi Dosen saat ini.

Itulah bebebapa prospek kerja dari lulusan Ilmu Peternakan sesuai denga kompetensi dan skill yang dimilikinya. Semoga bisa bermanfaat 🙂 Godluck !

Keep Calm and Stay Curious.

Silahkan bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Source : kamangmagek | Flickr

loading...
Share this :
loading...