//Prospek Kerja Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Prospek Kerja Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Saat ini Industri perikanan di Indonesia memang sedang di galakan untuk bersaing dan memenuhi kebutuhan pasar perikanan tanah air yang semakin meningkat.

Program studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan merupakan program studi yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan sumber daya perikanan seperti pemeliharaan dan juga pengolahan.

Program studi ini biasanya berada di bawah fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Selama masa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Ekologi Perairan, Biologi Perikanan, Metodde Penangkapan Ikan, Manajemen Akukultur, Penanganan Hasil Perikanan dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan program studi Pemanfaatan sumberdaya perikanan :

1. Perusahaan Ternak Ikan

Perusahaan ternak ikan semakin banyak sebarannya di Indonesia, baik itu ikan tawar, payau maupun ikan laut. Dengan beternak ikan akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan hanya mengankap saja di laut lepas. Dengan manajemen yang baik perusahaan peternakan ikan bisa memenuhi kebutuhan pasar saat ini. Lulusan dari program studi pemanfatan sumberdaya perikanan sendiri bisa bekerja di beberapa bagian sepeti Manajemen Operasional, Quality Control, Produksi, HR, dan lainnya.

2. Perusahaan Pakan Ikan

Selain bisa bekerja di perusahaan peternakannya, kamu juga bisa bekerja di perusahaan yang memproduksi pakan ikan untuk para peternak ikan. Di perusahaan ini kamu juga bisa menempati beberapa bagian seoerti Qulity Control ataupun Produksi.

3. Perusahaan Pangan/Pengolahan Ikan

Saat ini banyak perusahaan pangan yang memproduksi makanan dari pengolahan ikan. Banyak juga alumni dari program studi ini yang bekerja di perusahaan pangan dan pengolahan ikan. Bagian quality Control maupun produksi merupakan bagian yang paling coco untuk kamu tepati jika bekerja di perusahaan ini.

4. Instansi Pemerintahan

Jika kamu memilih untuk bekerja di luuar sektor swasta pun tidak masalah. Sektor pemerintahan juga memebutuhkan lulusan-lulusan dari program studi ini. Beberapa Instansi pemerintahan yang paling pas untuk lulusan program studi ini seperti Kementrian Kelautan dan Perikanan, Dinas Perikanan Provinsi, Dinas Perikanan Daerah, dan Bali-bali penelitian. Memang menjadi PNS  merupakan impian banyak orang di Indonesia, dan saat ini untuk menjadi PNS juga kamu akan menghadapi seleksi dan persaingan yang cukup ketat.

5. Tenaga Pengajar 

Peluang kerja di sebagai tenaga pengajar juga begitu baik dan banyak terbuka lebar. Baik itu menjadi seorang guru SMK kelautan maupun menjadi seorang Dosen di Universitas, hanya tentu saja jika ingin menjadi seorang dosen kamu harus minimal sekolah S2 dahulu.

6. Wirausahawan

Menjadi seorang wirausahawan juga bisa menjadi pilihan kamu yang ingin mengembangkan sektor industri perikanan Indonesia lebih maju lagi. Selain itu dengan menjadi seorang wirausahawan kamu tentunya juga bisa membuka banyak lapangan kerja bagi orang lain.

Image Source : ivanatman | Flickr

loading...
Share this :
loading...