//Prospek Kerja Jurusan Oseanografi

Prospek Kerja Jurusan Oseanografi

Program Studi Oseanografi ini secara garis besar mempelajari tentang fenomena fisis dan dinamisnya air laut. Berbeda dengan jurusan keluautan pada umumnya yang banyak mempelajari mahluk yang terdapat di lautan, Oseanografi ini lebih condong kepada air laut itu sendiri dan gejala-gejala yang terjadi di lautan. Sehingga prospek kerja jurusan Oseanografi ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan jurusan kelautan lainnya.

Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti : Hidro Dinamika, Komputasi Oseanografi, Gelombang Laut, Arus Laut, Pasang Surut, Pemodelan Oseanografi, Pemodelan Lingkungan Laut.

Berikut beberapa prospek kerja jurusan Oseanografi ;

1. Lembaga Penelitian

Kebanyakan mata kuliah utama dan terpenting bagi mahasiswa Oseanografi adalah mata kuliah yang berhubungan dengan riset atau penelitian. Sehingga, lulusan dari Oseanografi ini memang sangat cocok bila bekerja di bidang riset. Ada beberapa lembaga penelitian yang bisa kamu masuki setelah lulus, baik itu lembaga penelitian dalam negeri maupun luar negeri. Contoh beberapa lembaga penelitian yang sesua dengan kompetensi lulusan Oseanografi diantaranya adalah : LIPI, BNPB ( Badan Penanggulangan Bencana ) BMKG, Pusat Pengembangan dan Penerapan Geologi Kelautan.

2. Instansi Pemerintahan

Lulusan Oseanografi juga bisa berkarir di beberapa instansi pemerintahan seperti Kementrian kelautan, Kementrian Pekerjaan Umum, Kementrian ESDM, Dinas Hidrografi-Oseanografi (TNI AL). Sehingga kamu tidak perlu khawatir juga bila seandainya setelah lulus kamu ingin berkarir sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil alias PNS.

3. Industri / Perusahaan

Ada berbagai jenis perusahaan pula yang bisa kamu masuki, dumulai dari perusahaan minyak dan gas, perusahaan pertambangan, perusahaan perikanan dan bahkan perusahan survey, teknologi dan juga bidang pariwisata bahari kelautan.

4. Tenaga pengajar

Setelah lulus dari Oseanografi, kamu juga bisa melanjutkan kuliah S2 untuk bisa menjadi dosen di Universitas-universitas. Apalagi saat ini kebutuhan akan tenaga pengajar yang berkompetensi tinggi di bidan kelautan ini akan banyak dibutuhkan kedepannya seiring dengan kebutuhan manusia akan sumber daya kelautan yang semakin meningkat pula.

5. LSM ( lembaga Swadaya Masyarakat)

Selain itu, banyak pula LSM yang bergerak dibidang kelautan dan lingkungan hidup. Bila kamu ingin bekerja dibidang inipun kamu akan sangat dibutuhkan.

Image Source : Daniela

loading...
Share this :
loading...