//Prospek Kerja Jurusan Meteorologi

Prospek Kerja Jurusan Meteorologi

Meteorologi merupakan program studi yang mempelajari tentang gejala-gejala bumi yang terkait gas atau udara. Banyak orang mengira, jika meteorologi ini merupakan ilmu yang mempelajari meteor, padahal sebenarnya ini merupakan ilmu bumi. Mungkin kamu pernah mendengan BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Nah fungsi Meteorologi ini untuk mempelajari tentang suhu udara dan cuaca dilingkungan kita. Prospek kerja jurusan Meteorologi ini memang cukup terfokus, namun bukan berarti karir kamu kedepan terbatas.

Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Fisika Matematik, Komputasi Meteorologi, Observasi Meteorologi, Meteorologi Fasis, Meteorologi Dinamik, Analisis Data Cuaca dan Iklim, dan lain sebagainya.

Berikut ini merupakan beberapa prospek kerja dari lulusan Meteorologi :

1. Instansi Pemerintahan

Lulusan dari Meteorologi bisa bekerja di berbagai macam Instansi Pemerintahan seperti BMKG ( Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ), Kementrian Negara Riset dan Teknologi.

2. Peneliti / Institusi Penelitian

Jika tidak bekerja di Institusi pemerintahan, lulusan Meteorologi juga bisa bekerja di lembaga-lembaga penelitian  baik lembaga penelitian swasta maupun lembaga penelitian di bawah pemerintah. Lembaga penelitian seperti LIPI bisa jadi tempat kamu bekerja setelah kuliah.

3. Tenaga Pengajar

Saat ini masih sedikit ahli-ahli yang menguasai di bidang Meteorologi, sehingga kamu bisa bekerja sebagai tenaga pengajar atau akademisi ahli di bidang Meteorologi.

4. Perusahaan / Industri

Kamu juga bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang manufacture alat-alat meteorologi baik dalam negeri maupun luar negeri.

 

 

Image Source : Blondinrikard Fröberg

loading...
Share this :
loading...