//Prospek Kerja Jurusan Matematika

Prospek Kerja Jurusan Matematika

Ketika kebanyakan orang tidak senang atau bahkan membenci apa yang di sebut Matematika. Kamu mungkin adalah orang yang sebaliknya, dan malah menyenangi apa yang orang lain anggap hal yang sangat sulit tersebut. Lalu kamu merasakan bahwa matematika adalah passion kamu, maka masuklah ke jurusan Matematika ! Nah, kali ini kita akan bahas beberapa prospek kerja jurusan Matematika.

Matematika memang merupakan hal yang sangat penting di dunia ini. Hampir setiap hal mempunyai perhitungan matematika, sehingga matematika ini memang merupakan ilmu yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia.

Program studi Matematika sendiri biasanya berada di bawah Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Semasa perkuliahan kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Kalkulus, Geometri, Aljabar Linier, Metode Numerik, Pemodelan Matematika dan lain sebagainya. Ketika lulus, maka kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si).

Berikut langsung saja kita bahas beberapa prospek kerja dari lulusan jurusan Matematika :

1. Lembaga Ilmu Pengetahuan / Penelitian

Lulusan dari jurusan Matematika bisa bekerja di lembaga-lembaga Ilmu pengetahuan ataupun lembaga penelitian. Beberapa lembaga-lembaga yang akan membutuhkan lulusan Mateka murni adalah seperti LIPI, LAPAN, Batan dan lain sebagainya.

2. Perusahaan Swasta / BUMN

Lulusaan Matematika juga bisa bekerja di berbagai perusahaan yang membutuhkan kinerjanya di berbagai bidang, seperti perusahaan-perusahaan Industri Otomotif, Manufaktur, Telekomunikasi, dan Kelistrikan serta perusahaan lainnya.

3. Tenaga Pengajar

Tidak harus lulusan Ilmu Pendidikan, lulusan Matematika Murni juga bisa bekerja sebagai tenaga pengajar, baik itu guru sekolah, guru privat, ataupun guru kursus. Bahkan pekerjaan-pekerjaan tersebut sudah bisa dikerjakan sejak dari masa perkuliahan. Kemudian kesempatan untuk menjadi tenaga pengajar Dosen juga terbuka lebar.

4. Pengusaha

Banyak juga lulusan Matematika yang malah bekerja menjadi seorang wirausahawan dengan mendirikan sekolah kursusnya sendiri, ataupun usaha-usaha lainnya. Tentu saja kepintaran menghitung dan meprediksi bisa jadi salah satu senjata utama lulusan Matematika bisa sukses membuka usahanya sendiri.

Image Source : Beau Maes | Flickr

loading...
Share this :
loading...