//Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Program studi Kriminologi ini merupakan program studi yang secara terfokus mempelajari segala hal yang berhubungan dengan Ilmu kriminalitas yang pada dasarnya merupakan cabang ilmu sosiologi, psikologi serta hukum. Prospek kerja jurusan kriminologi pun begitu terpusat di lembaga-lembaga penyidikan yang ada di Indonesia.

Selama masa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Sosiologi, Sistem Sosial, Antropologi, Sistem Ekonomi, Sistem Hukum, Sejarah, Teori Kriminologi, Metode Kriminologi, Sistem Peradilan, HAM, Starategi Pencegahan, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja lulusan jurusan Kriminologi :

1. Kepolisian

Kepolisian merupakan lembaga pilihan utama dan kamu bisa mengisi di bagian penyidik kepolisian untuk menangani kasus-kasus kriminal.

2. Kejaksaan

Kejaksaan ini merupakan tempat dimana proses hukum tejadi dan berbagai kasus kriminal tentunya juga akan dihadapi.

3. Departemen Kehakiman

Kamu juga bisa bekerja di lembaga kehakiman karena selama masa perkuliahan kamu juga mempelajari tentang sistem peradilan Indonesia.

4. Departemen Pertahanan

Instansi pemerintahan yang satu ini bertugas untuk menjadi lembaga yang senantiasa melakukan segala hal untuk menjaga ketahanan bangsa dan negara, salah satunya dari bahaya kriminalitas di masyarakat.

5. KPK

Lembaga yang sedang naik daun dan menjadi sorotan publik saat ini, KPK bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk karir kamu. Karena korupsi juga merupakan tindakan Kriminal yang harus segera di hapuskan dari masyarakat dan bangsa kita tercinta ini.

6. Lembaga Penelitian

Banyak sekali lembaga-lembaga penelitian yang ada saat ini, lembaga penelitian besar seperti LIPI contohnya juga bisa menjadi pilihan karir kamu.

7. Tenaga Pengajar

Menjadi tenaga pengajar seperti dosen juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki passion dan semangat belajar mengajar yang tinggi. kamu bisa mengajar di berbagai mata kuliah sosial, hukum, ataupun budaya.

8. Jurnalis 

Jurnalis ? ya, jurnalis bukan pekerjaan yang menyeleweng. Banyaknya kasus-kasus kriminalitas menyebabkan peluang untuk kamu menjadi jurnalis yang mengerti akan setiap kasus yang terjadi.

 

Image Source : Ryan McGilchrist | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US