//Prospek Kerja Jurusan Kria

Prospek Kerja Jurusan Kria

Kata Kria memang bukanlah sebuah kata yang asing. Kebanyakan orang ketika mendengar kata Kria maka akan lansung mengasumsikan dengan kerajinan tangan dan kerajinan tradisional. Program studi Kria ini merupakan program studi yang mempelajari tentang desain produk dengan memperhitungkan nilai-nilai estetika dan filosofisnya. Beberapa prospek kerja jurusan Kria saat ini semakin menarik dengan semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan nilai estetis saat ini sehingga lulusan Kria ini banyak dibutuhkan di berbagai sektor.

Selama masa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah sesuai dengan jalur pilihan kria kamu apakah Kria Tekstil atau Kria Keramik. Namun tentu saja banyak mata kuliah wajib dan dasar yang sama-sama dipelajari di kedua konsentrasi tersebut. Di Kria Tekstil, akan mempelajari tentang tekstil dan cara meningkatkan mutu bahan utama menjadi bahan lain yang lebih baik. Sementara di Kria Keramik mepelajari bagaimana bahan baku umumnya tanah liat menjadi karya keramik yang bernilai tinggi.

Berikut ini beberapa prospek kerja dari lulusan Kria sesuai dengan kompetensi yang di milikinya :

1. Seniman Kria

Jika kamu mempunyai jiwa seniman tinggi, menjadi seorang seniman kria sejati yang memoles dan menciptakan produk-produk bukan hanya untuk tugas dan kerja semata, namun tentu juga untuk sebuah kebahagian dan kepuasan batin. Seniman Kria ini biasanya mengubah bahan-bahan tekstil menjadi sebuah karya yang menakjubkan dan mempunyai nilai estetis yang tinggi.

2. Desainer Kain

Desainer kain ini merupakan orang yang memdesain kain untuk memenuhi kebutuhan bagi para fashion desainer ataupun Desainer Interior. Banyak kain-kain yang di desain, baik itu kain yang digunakan manusia sebagai fashion ataupun kain-kain untuk peralatan rumah ataupun kantor seperti kursi, lap, Sofa, tirai, Karpet dan lain sebaigainya. Desainer kain ini lebih cocok untuk lulusan Kria Tekstil.

3. Wirausahawan

Karena kemampuannya menciptakan produk yang bernilai tinggi dan disukai oleh banyak orang maka ini akan menjadikan bisnis sendiri dan akan menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Selain itu barang-barang yang bernilai tinggi selalu diburu dan menjadi identitas bagi kaum yang menggilainya.

4. Konsultan Desainer

Lulusan Kria juga bisa bekerja di perusahaan Konsultan Desainer sebagai konsultan bidang desainer kriya. Konsultan ini akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang mempunyai proyek desain.

5. Fashion Desainer

Bisa juga lulusan Kria bekerja sebagai Fashion desainer, karena teknik-teknik desain pada dasarnya sama saja. Sehingga jika kamu ingin menjadi seorang fashion desainer pun kamu memiliki kesempatan yang terbuka lebar.

Image Source : Heather Dowd |  Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US