//Prospek Kerja Jurusan Kimia

Prospek Kerja Jurusan Kimia

Program Studi Kimia merupakan salah satu program studi yang biasanya berada di bawah Fakultas MIPA  ( Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Kimia memang sudah tidak asing lagi bagi kita, karena kita sudah pasti belajar dasar-dasar kimi sejak dari SD, SMP bahkan SMA (jika kamu masuk IPA). Dengan itupun sudah menggambarkan bahwa kimia ini sangat banyak pengaruhnya bagi kehidupan kita sehari-hari. Sudah bisa di jamin, prospek kerja jurusan Kimia ini memang sangat luas.

Program studi Kimia ini banyak yang meneyebut sebagai Kimia Murni untuk membedakan dengan program studi serupa yakni Teknik Kimia yang berada di bawah Fakultas Teknik. Selama masa perkuliahan sendiri, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah, seperti : Kimia Dasar, Kimia Fisik, Kimia Quantum, Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Lingkungan, Teknik Kimia, Kimia Industri, Kimia Koordinasi dan lain sebagainya.

Berikut langsung saja beberapa prospek kerja yang sesuai dengan keahlian dan kompetensi yang dimiliki oleh seorang lulusan Kimia :

1. Industri / Perusahaan (Swasta/BUMN)

Bidang Insdustri untuk lulusan kimia ini sangat luas sekali. Banyak perusahaan-perusahaan Industri yang membutuhkan keahlian dari sarjana kimia. Salah satu contoh Industri yang banyak membutuhkan lulusan sarjana Kimia adalah Perusahaan Obat-obatan/ Farmasi, Perusahaan Tekstil, Perusahaan Bahan Bangunan, Perusahaan Perminyakan, Perusahaan Pupuk, Perusahaan Kosmetika, Perusahaan Pertambangan, Perusahaan Pertanian, dan lain sebagainya.

Beberapa posisi atau bagian yang bisa ditempati oleh lulusan Sarjana Kimia seperti : Quality Control, Produksi ataupun Research and Development Division.

2. Lembaga Penelitian

Di Indonesia semakin banyak lembaga-lembaga penelitian. Banyak juga lembaga penelitian yang bisa di masuki oleh lulusan Sarjan Kimia seperti : LIPI, Balai Penelitian Daerah, Balai Penelitian SDA, dan banyak lembaga-lembaga penelitian lainnya.

3. Tenaga Pengajar

Menjadi seorang tenaga pengajar mungkin juga bisa menjadi salah satu pilihan bagis eorang sarjana Kimia. Baik menjadi seorang guru di sekolah, atau guru kursus bahkan sudah bisa digeluti sejak masa kuliah. Serta tentu saja peluang menjadi seorang Dosen juga akan terbuka sangat lebar, namun tetnu saja harus minimal kuliah S2 terlebih dahulu.

4. Konsultan / Consultant Agency

Seorang sarjana memang erat dengan pekerjaan konsultan, tentu saja disini sebagai konsultan di bidangnya, yakni bidang kimia. Akan banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan konsultasi dengan konsultan/agen konsul kimia untuk mengerjakan proyeknya. Kamu bisa bekerja sebagai seorang Konsultan mandiri ataupun bekerja sebagai konsultan di perusahaan Consultant Agency.

5. Entrepreneur

Menjadi seorang wirahusahawan memang tidak memiliki batasan, siapa saja bisa bekerja menjadi seorang Entrepreneur. Apalagi bagi seorang sarjana kimia, banyak sekali potensi yang ada jika mau menjadi seorang Entrepreneur dengan membuat produk atau perusahaannya sendiri. Untuk jenis Industri-industri yang paling cocok sendiri seperti yang telah di jelaskan di poin nomor 1.

6. Pegawai Negeri

Sama halnya dengan berwirausaha, setiap orang juga mempunyai kesempatan untuk bekerja menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS). Untuk lulusan Kimia sendiri banyak instansi pemerintahan yang sesuai dengan kemampuannya seperti Kementrian ESDM, Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, dan lain sebagianya.

Image Source : IAEA Imagebank | Flickr

loading...
Share this :
loading...