//Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

 

Program studi Kesehatan Masyarakat ini adalah program studi yang secara garis besar mempelajari mengenai  kondisi kesehatan masyarakat berdasarkan lingkungan, maupun perilaku dari masyarakat itu sendiri, dan mengenali berbagai penyakit umum yang menjangkit di lingkungan masyarakat. Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat ini sebenarnya cukup luas karena bisa bekerja di berbagai sektor, baik swasta maupun pemerintahan.

Selama masa perkuliahan, kamu akan memepelajari berbagai mata kuliah seperti : Kesehatan Kerja, Ilmu Kependudukan, Kebiajakan Kesehatan, Sosiologi Kesehatan, Biokimia, Ilmu Gizi, Patologi,Hygiene Industry, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Kesehatan Masyarakat :

1. Perusahaan BUMN / Swasta

Lulusan dari Kesehatan Masyarakt juga bisa bekerja di berbagai perusahaan dari berbagai Industri seperti Manufaktur, Oil and Gas, Pertambangan, Bank, dan lainnya. Di perusahaaperusahaan, lulusana KesMas ini bisa mengisi berbagai bagian seperti Sumber Daya Manusia, Operasional, Tenaga Kesehatan Non-Medis, dan lain sebagainya.

2. Rumah Sakit

Rumah sakit yang telah memiliki banyak tenaga kesehatanpun tetap akan membutuhkan lulusan dari kesehatan masyarakat untuk mengisi berbagai posisi seperti di bidang research, sanitarian, entomolog ataupun Operasional Kesehatan Lingkungan Rumah sakit.

3. Instansi Pemerintahan

Banyak juga instansi pemerintahan yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang kamu miliki. Beberapa instansi pemerintahan seperti Puskesmas, Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan, BNN, dan lain sebagainya.

4. Tenaga Pengajar

Kamu juga bisa menjadi tenaga pengajar yakni menjadi Dosen di berbagai Instansi pendidikan yang mempelajari kesehatan Masyarakat.

 

Image Source : Naval Surface Warriors | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US