//Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan

Lingkungan yang sehat tentu saja menjadi faktor yang mempengaruhi orang yang tinggal di lingkungan tersebut. Kita sebagai manusia pasti menginginkan tinggal di sebuah lingkungan yang sehat agar hidup kita terasa nyaman. Nah, program studi Kesehatan Lingkungan inilah yang mempelajari mengernai segala hal yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan. Prospek kerja jurusan Kesehatan Lingkungan ini cukup baik mengingat pentingnya kesehatan lingkungan bagi kita, dan kesehatan lingkungan saat ini selalu menjadi isu utama saat ini.

Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Kimia Lingkungan, Mikrobiologi Lingkungan, Fisika Lingkungan, Ekologi, Toksikologi Lingkungan, Epidemologi Lingkungan dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan teknik Lingkungan :

1. Instansi Pemerintahan

Beberapa instansi pemerintahan yang sesuai dengan kompeensi yang dimiliki oleh lulusan Kesehatan Lingkungan adalah Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan Daerah, Kementrian Lingkungan Hidup dan instansi-instansi terkait lainnya.

2. Lembaga Swadaya Masyarakat

LSM yang berkaitan dengan lingkungan hidup juga merupakan prospek kerja yang cukup bagus untuk para lulusan kesehatan lingkungan. Lembaga-lembaga non pemerintah ini ikut turut serta dalam membuat lingkungan hidup yang lebih baik.

3. Puskesmas

Pusat Kesehatan Masyarakat memang menjadi garda terdepan dalam melayani setiap kebutuhan kesehatan masyarakat. Beitupun dengan kesehatan lingkungan dari masyarakat itu sendiri.

4. Tenaga Pengajar

Setelah lulus, jika kamu mempunyai passion belajar mengajar yang tinggi, kamu bisa menjadi tenaga pengajar di instansi-instansi pendidikan kesehatan.

5. Rumah Sakit

Kamu juga bisa bekerja di rmah sakit, kamu bisa bekerja di bagian manajemen kesehatan lingkungan rumah sakit. Karena rumah sakit yang merupakan pusat dan sarana dimana masyarakat harus benar-benar berada dilingkungan terbaik dengan mutu kesehatan yang baik.

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Didi Sadili | Flickr

loading...
Share this :
loading...