//Prospek Kerja Jurusan Ilmu Sejarah

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Sejarah

Program studi Ilmu Sejarah merupakan program studi di Fakultas Ilmu Budaya yang mempelajari segala hal yang bersangkutan dengan sejarah. Kehidupan umat manusia tidak akan pernah lepas dari sejarah, dan sejarah selalu menjadi bagian menarik yang selalu ingin dipelajari oleh manusia. Oleh karena itu selama peradaban dunia masih ada, selama itu pula ilmu sejarah akan ada, sehingga kamu pun tidak usah khawatir dengan prospek kerja jurusan Ilmu Sejarah setelah kamu lulus nanti.

Selam masa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Pengantar Ilmu Sejarah, Geografi Sejarah, Sejarah Indonesia, Sejarah Kerajaan Nusanrtara, Sejarah Dunia, Sejarah Perkotaan, Sejarah Militer, Filsafat, Sejarah Birokrasi, dan mata kuliah – mata kuliah lainnya.

Berikut langsung saja beberapa prospek kerja bagi lulusan Ilmu Sejarah :

1. Tenaga Pengajar

Sejarah akan terus ada dan akademisi-akademisi lah yang akan menjaga sejarah untuk terus diketahui oleh masyarakat. Kamu bisa menjadi Dosen ataupun Guru-guru di berbagai tingkatan sekolah.

2. Penulis

Ceriyta sejarah selalu menjadi hal yang menarik untuk di ketahui, oleh karenanya selalu ada penulis yang membuat buku tentang sejarah suatu peristiwa, baik yang sangat lampau ataupun tentang kejadian yang belum terlalu lama, itupun akan masuk dalam sejarah, seperti contohnya biografi orang-orang terkenal.

3. Peneliti Sejarah

Sejarah belum semuanya terungkap, dan ada beberapa hal yang belum terungkap, oleh karenanya itu merupakan tugas dari para peneliti sejarah untuk mengungkap tabir yang masiuh tertutup tersebut. Peneilit sejarah ini bisa bekerja untuk lembaga-lembaga akademis, juga lembaga penelitian swasta ataupun pemerintah.

4. Pemandu Wisata

Banyak orang-orang datang ke suatu tempat dan berwisata, dan hal yang slalu melengkapi aktivitas berwisata adalah mengenai sejarah dari suatu tempat yang di kunjungi. Kmau bisa bekerja sebagai pemandi wisata khusus dari suatu tempat bersejarah.

5. Media

Kamu juga bisa bekerja di bidang  media dan jurnalistik, baik di media masa cetak maupun media digital. Sejarah juga selalu menjadi bagian yang biasa di kupas oleh berbagai media. Selain itu kamu juga bisa menjadi editor, atau bahkan penulis naskah film-film yang mengupas sejarah.

6. Instansi Pemerintahan

Kamu juga bisa bekerja di berbagai instansi pemerintahan yang berhubungan dengan sejarah, seperti Balai Konservasi Cagar Budaya cataupun menjadi pemandu resmi di tempat-tempat bersejarah yang berhubungan dengan pemerintahan, seperti instana negara contohnya.

 

 

Image Source : Bill Stilwell

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US