//Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan

Ilmu Perpustakaan merupakan program studi yang secara garis besarnya mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan perpustakaan, baik itu sistem manajemen, sistem operasional dan lain sebagainya. Perpustakaan merupakan tempat dimana buku yang notabene merupakan gudang ilmu berada. Memang saat ini Internet menawarkan sumber bacaan yang begitu berlimpahnya, namun tidak semua hal juga ada di Internet. Apalagi dengan meningkatnya kesadaran membaca, maka perpustakaan akan terus di gandrungi banyak orang. Prospek kerja jurusan Ilmu Perpustakaan ini cukup baik, mengingat di setiap Instansi hampir pasti ada perpustakaannya.

Semasa perkuliahan sendiri, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Ilmu Kearsipan, Katalogasi dan Klasifikasi, Aplikasi Teknologi Informasi, Kepustakawanan, Administrasi Arsip, Pemasaran Jasa Informasi, Manajemen pangkalan Data, dan mata kuliah lainnya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Ilmu Perpustakaan :

1. Perpustakaan

Ya, tentu saja yang pertama prospek kerja dari jurusan ini tentunya di berbagai Perpustakaan. Saat ini, hampir semua instansi memiliki perpusatakaan, dari mulai lembaga pendidikan Sekolah maupun Universitas. Selain itu perpustakaan juga ada yang dikelola oleh pemerintaha, maupun oleh swasta yang diperuntukan untuk khalayak umum. Di Perpustakaan ini, lulusan dari Ilmu Perpusatakaan bisa bekerja sebagai staf admin, ataupun sebagai manajerial dari perpustakaan.

2. Administrasi dan Kearsipan 

Selain itu, kamu juga bisa bekerja di bagian Administrasi ataupun Kearsipan di berbagai perusahaan dan intansi pemerintahan. Administrasi dan kearsipan ini merupakan hal yang harus di kelola dengan baik, agar informasi yang dimiliki oleh suatu lembaga bisa tersimpan dengan baik dan bisa ditemukan dengan mudah saat dibutuhkan.

3. Instansi Pemerintahan

Kamu juga bisa meniti karir di berbagai Instansi pemerintahan yang sesuai dengan kompetensi yang kamu milliki, seperti di Lembaga Kearsipan Nasional, Dinas Pendidikan, dan lain sebagainya.

4. Tenaga Pengajar

Program studi Ilmu Perpustakaan ini ada di hampir 30 Universitas di Indonesia, oleh karena itu, kamu juga punya peluang untuk menjadi tenaga oengajar atau dosen di Universitas dengan prodi Ilmu Perpustakaan atau prodi lainnya yang berhubungan dengan administrasi, Informasi dan kearsipan.

loading...
Share this :
loading...