//Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kelautan

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kelautan

Program Studi Ilmu Kelautan merupakan program studi yang mempelajari bagaimana cara pengelolaan Bioteknologi Kelautan, sehingga menghasilkan produk dari penerapan teknologi tehadap organisme laut.

Semasa perkuliahan kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Mikrobiologi Laut, Reklamasi Pantai, Manajemen, Kimia Anorganitk, Ilmu Ekonomi, Ilmu Perikanan, Renang, Widya Selam, Ekologi Perairan, Koralogi, Oseanografi, dan lain sebagainya.

Sehingga setelah lulus dari program studi ini kamu akan memiliki beberapa kompetensi utama yaitu mampu melakukan perencanaan, pendesainan, dan melaksanakan proses pemanfaatan sumber daya hayati laut.

Berikut prospek kerja dari lulusan Ilmu Kelautan :

1. Lembaga Penelitian

Banyak Balai Penelitian yanga berkembang baik itu di bawah instansi pemerintah maupun swasta, mengingat industri kelautan menjadi salah satu industri yang akan terus dikembangkan karena masih banyak sekali sumber daya keluatan yang masih belum dimanfaatkan dengan baik.

2. Instansi Pemerintahan

Lulusan dari Ilmu kelautan juga bisa menjadi seorang PNS, mengingat banyak dinas-dinas terkait dengan kompetensi yang dimiliki. Bisa bekerja di Kementrian Kelautan, Dinas Kelautan Provinsi ataupun Kabupaten, dan Dinas-dinas terkait lainnya.

3. Tenaga Pengajar

Lulusan dari Ilmu Kelautan juga bisa menjadi seorang tenaga pengajar, baik itu menjadi guru di SMK Kelautan, maupun menjadi dosen di perguruan tinggi, namun tentu saja harus S2 dulu jika ingin menjadi dosen saat ini.

4. Wirausaha

Menjadi seorang wirausaha juga bisa menjadi pilihan, mengingat potensi kelautan kita yang sangat luas sehingga peluang berwirausaha di sektor ini cukup terbuka lebar.

5. Instruktur Diving 

Lulusan dari Ilmu kelautan ini telah dibekali ilmu renang dan menyelam, sehingga bisa menjadi seorang instruktur diving untuk wisatawan. Selain itu tentu saja, lulusa ilmu kelautan mengerti banyak tentang segala biologi atau oragnisme laut sehingga mampu menjelaskan dengan baik pada wisatawan. Peluang menjadi pemandu diving juga terbuka lebar melihat potensi bawah laut yang begitu indah dan banyaknya wisatawan yang berminat untuk diving di negara kita.

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan Ilmu Kelautan, tentu saja masih banyak prospek kerja lain sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki lulusan. Semoga bermanfaat 🙂 Goodluck.

Keep Calm and Stay Curious.

Silahkan bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Source : fish.faperta.ugm.ac.id | Flickr

loading...
Share this :
loading...