//Prospek Kerja Jurusan Ilmu Hukum

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Hukum

Program Studi Ilmu adalah prodi dimana mahasiswa-nya akan mempelajari mata kuliah yang berpusat pada praktek hukum. Cakupan program studi ini cukup luas meliputi hukum kepemilikan, hak asasi manusia, hukum perdagangan, dan lain sebagainya.

Beberapa mata kuliah utama di program studi Ilmu Hukum ini diantaranya adalah Pengantar Hukum Indonesia, Ilmu Perundang-Undangan, Ilmu Negara, Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara, Hukum Pidana dan Perdata, serta lainnnya.

So, Inilah Prospek Kerja Jurusan Ilmu Hukum :

1. Pengacara / Konsultan Hukum

Pengacara adalah jasa profesi hukum yang membantu dalam suatu sengketa yang dapat diselesaikan di luar atau di dalam sidang pengadilan.

Dalam profesi hukum, dikenal istilah beracara yang terkait dengan pengaturan hukum acara dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana dan Kitab Undang-undang Hukum Acara Perdata.

Sedangkan Konsultan Hukum kegiatannya lebih ke penyediaan jasa konsultasi hukum secara umum saja.

2. Jaksa

Seorang Jaksa di negara ini bekerja untuk Kejaksaan RI yang tugasnya adalah sebagai penegak hukum dan keadilan dalam sidang yang di beri wewenang oleh Undang-undang untuk berperan sebagai penuntut dan melaksanakan keputusan Hakim.

Lembaga Kejaksaan disetiap daerah pastilah ada, sehingga peluang untuk menjadi seorang Jaksa di negara kita ini cukup terbuka lebar.

3. Diplomat

Seorang diplomat, selalu identik dengan luar negeri, keren, pintar berbicara, dan tentu-nya mengerti aturan-aturan dan hukum-hukum yang ketatanegaraan dan kaidah diplomasi. Secara sederhana diplomat adalah orang yang bekerja di kementerian luar negeri dan ditempatkan di suatu negara untuk menjalankan fungsi yang terkait dengan hubungan negaranya dengan negara lain.

Tapi tidak semua orang yang bekerja di Kementrian Luar Negri dan di tempatkan di Luar Negri adalah seorang Diplomat, ada juga yang merupakan staff biasa.

Lulusan Ilmu hukum ini mempunyai kompetensi juga untuk bekerja di bidang ini mewakili negara kita di negara-negara dimana ada KBRI atau kementrian luar negri kita di tempatkan.

4. Birokrat

Birokrat ini adalah orang yang bekerja di lembaga pemerintahan dan sering berurusan dengan birokrasi, atau bahkan membuat birokrasi baru. Contohnya adalah seorang anggota DPR, DPRD, dan sebagainya.

Memang sebaiknya anggota DPR adalah seorang lulusan Ilmu hukum agar betul-betul faham dan mengerti dalam membuat undang-undang.

5. Hakim

Dalam persidangan tentunya ada seorang yang namanya Hakim, merekalah yang memimpin dan memutuskan segala seuatunya dalam sebuah persidangan.

Sama dengan jaksa, Hakim adlah komponen paling penting dalam persidangan. Lulusan Ilmu hukum ini tetu saja mempunyai prospek menjadi hakim dengan melewati proses yang pastinya lumayan.

6. Dosen

Semua orang pasti tau tentang pekerjaan ini, pekerjaan yang pastinya banyak di hormati orang lain, dan akan selau di kenang oleh para mahasiswanya.

Untuk menjadi seorang Dosen saat ini minimal harus lulusan S-2, jadi setelah lulus harus kuliah lagi beberapa tahun untuk menjadi seorang Dosen.

So guys, itulah beberapa prospek kerja dari jurusan Ilmu Hukum. Good Luck 🙂

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Stanford Law  | Flickr

loading...
Share this :
loading...