//Prospek Kerja Jurusan Ilmu Filsafat

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Filsafat

Program studi Filsafat merupakan program studi yang mempelajari seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia terkini, serta belajar berfikir secara kritis dan logis dalam memecahkan setiap permasalahan. Prospek kerja jurusan Ilmu Filsafat ini sebenarnya cukup luas karena kompetensi yang dimilikinya bersifat umum dan bisa di terapkan di berbagai bidang.

Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Pengantar Filsafat Modern, Sejarah Filsafat, Filsafat Manusia, Etika, Filsafat Ilmu, Filsafat Budaya, Logika, Filasfat Sastra, Filsafat Pendidikan, dan mata kuliah – mata kuliah lainnya.

Berikut prospek kerja jurusan Filsafat setelah lulus kuliah :
1. Penulis Buku

Semua orang dari berbagai kalangan sebenarnya bisa menulis buku. Namun lulusan Filsafat mempunyai kompetensi lebih untuk bisa menulis buku dari hasil penelitian dan pemikiran kritisnya untuk di publikasikan kepada masyarakat umum. Siapa bilangg penulis buku itu tidak mendapatkan penghasilan yang besar, jika buku kamu laris maka hasil royalti penjualan akan terus mengalir. Selain itu jika buku kamu benar-benar booming, kamu juga akan mendapatkan banyak undangan mengisi acara-acara seminar dan terbuka kesempatan menjadi seorang trainer.

2. Jurnalis

Seorang jurnalis haruslah orang yang mempunyai pemikiran yang kritis terhadap suatu masalah dan mengemasnya secara baik sehingga apa yang kamu sampaikan bisa di mengerti dengan baik oleh banyak orang. Menjadi seorang jurnalis juga bisa menjadi profesi yang tidak kalah menariknya untuk kamu coba.

3. Staf HRD Perusahaan

Kamu juga bisa melamar kerja menjadi staf HRD (Human Resources Department) yang bertugas untuk merekrut calon karyawan dan juga memantau situasi  karyawan yang ada di sebuah perusahaan.

4. Akademisi

Setelah lulus kamu bisa menjadi tenaga pengajar, seperti menjadi seorang Dosen Ilmu Filsafat di berbagai Universitas yang memiliki program studi Filsafat.

5. Instansi Pemerintahan

Jika kamu ingin menjadiseorang pegawai negeri, kamu juga bisa melamar di berbagai Instansi Pemerintahan. Beberapa Instansi Pemerntahan yang paling pas untuk kompetensi yang kamu miliki di antaranya seperti : Dinas Sosial, Badan Perencanaan, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan lain sebagainya.

loading...
Share this :
loading...