//Prospek Kerja Jurusan Ilmu Ekonomi

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi merupakan program studi yang berada di Fakultas Ekonomi yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan bisnis, keuangan, dan segala hal yang berkaitan dengan ekonomi baik di tingkat mikro, maupun makro. Ekonomi merupakan salah satu penunjang utama kehidupan masyarakat di suatu negara, oleh karena itu prospek kerja jurusan Ilmu Ekonomi ini sangat baik, selama lulusan daripada Ilmu Ekonomi itu sendiri belajar dengan baik semasa perkuliahan.

Semasa perkuliahan sendiri, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Akuntansi, Ekonomi Makro, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Publik, Ekonomi Internasional, Ekonomi Mikro, Ekonomi Bisnis, Ekonomi Industri, Ekonomi Moneter, dan lain sebagainya.

Berikut langsung saja, beberapa prospek kerja dari lulusan Ilmu Ekonomi :

1. Konsultan / Analis Ekononomi

Dunia bisnis dan pasar setiap saat selalu mengalami perubahan, terutama di sekala besar atau makro. Di butuhkan ahli-ahli analisis tentang perekonomian untuk melakukan sebuah keputusan bisnis. Lulusan dari Ilmu Ekonomi bisa menjadi seorang konsultan ataupun penasehat ekonomi bagi sebuah perusahaan dalam mengambil keputusan. Analis ekonomi ini bisa bekerja di langsung jadi bagian suatu perusahaan, ataupun bekerja di sebuah lembaga konsultan yang menangani berbagai perusahaan.

2. Instansi Pemerintahan

Selain di sektor swasta, lulusan dari Ilmu Ekonomi juga akan diperlukan di sektor pemerintahan. Beberapa instansi pemerintahan yang sesuai dengan kompetensi lulusan Ilmu Ekonomi diantaranya seperti Kementrian  Perekonomia, BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), dan lain sebaginya.

3. Lembaga Keuangan

Lembaga keuangan juga banyak jenisnya, seperti Bank, Koperasi, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan lain sebagainya. Kamu bisa bekerja di berbagai bagian di lembaga-lembaga tersebut sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki.

4. Tenaga Pengajar

Setelah lulus, kamu akan menjadi ahli ekonomi dan bisa menjadi tenaga pengajar di sekolah-sekolah yang memerlukan guru ekonomi. Selain itu kesempatan kamu menjadi Dosen juga terbuka jika setelah lulus kamu melanjutkan studi S2 kamu.

5. Entrepreneur

Bahkan jika kamuingin membuka usaha sendiri, kamu sudah menguasai banyak hal di bidang perekonomian yang tentu saja akan mempermudah kamu dalam mengelola bisnis yang kamu geluti. Kamu bisa memulai bisnis di bidang apapun yang kamu inginkan. Selain itu tentunya dengan membuka bisnis kamu akan membuka lapangan pekerjaaan bagi orang lain.

 

Image Source : 401(K) 2012 | Flickr

loading...
Share this :
loading...