//Prospek Kerja Jurusan Hubungan Masyarakat

Prospek Kerja Jurusan Hubungan Masyarakat

Program studi Hubungan Masyarakat atau Public Relation, merupakan program studi yang mempelajari ilmu komunikasi yang terfokus pada bidang hubungan masyarakat (Humas). Saat ini prospek kerja dari jurusan Hubungan Masyarakat cukup baik mengingat semakin banyaknya di butuhkan profgesional di bidan Humas untuk berbagai instansi, baik pemerintahan maupun swasta.

Selama masa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Dasar-dasar Humas, Media Massa, Periklanan, Statistik Humas, Teknologi Informasi, Marketing Public Relation, Komunikasi Lintas Budaya, Public Speaking dan mata kuliah – mata kuliah lainnya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Hubungan Masyarakat :

1. Public Relation

Yang pertama tentu nya adalah menjadi seorang Public Relation atau bagain Hubungan Masyarakat, baik di perusahaan swasta, pemerintahan maupun instansi lainnya. Bagian Humas mempunyai tugas yakni menyampaikan segala hal yang berkaitan dengan informasi dari perusahaan kepada khalayak ramai dan orang yang membutuhkan informasi tersebut.

Bagian Humas ini memang biasanya tidak diisi oleh banyak orang, namun tugas dan fungsi begitu penting dan menyangkut nama baik sebuah instansi. Prospek kerja menjadi Humas di perusahaan memang sangat besar mengingat banyaknya kebutuhan akan pegawai Humas yang memang memiliki skill dan kemampuan profesional yang baik. Selama ini banyak pegawai Humas justru bukan berasal dari lulusan dan tidak kuliah di  Hubungan Masyarakat.

2. Media

Ya, media juga akan cocok untuk lulusan Hubungan Masyarakat, ini karena lulusan Humas juga mempunyai skill komunikasi yang baik secara lisan maupun tulisan. Sehingga lulusan Hubungan masyarakat sebenarnya juga bisa bekerja di berbagai perusahaan media, baik itu media cetak, internet, televisi maupun radio. Karena pada umumnya Media dan Public Relation ini sangat-sangat mirip yakni memberikan informasi kepada khalayak ramai.

3. Tenaga Pengajar

Kamu juga bisa menjadi tenaga pengajar dii bidang Ilmu Komunikasi, baik itu menjadi Dosen ataupun guru. Menjadi tenaga pengajar juga tidak kalah asyik apalagi jika kamu memiliki passion belajar mengajar yang tinggi.

4. Master Of Ceremony (MC)

Siapa bilang menjadi MC tidak menguntungkan ? Mungkin kamu harus melihat berapa seorang MC dibayar perjam di acara-acara yang cukup bergengsi. Cobalah untuk menjadi MC profesional agar mendapat penghargaan yang cukup besar.

Image Source : MIKI Yoshihito | FLickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US