//Prospek Kerja Jurusan Fisika

Prospek Kerja Jurusan Fisika

Banyak orang mungkin sudah pusing dengan hanya mendengar kata Fisika saja. Banyak orang juga beranggapan bahwa prospek kerja nya lulusan Fisika itu hanya jadi seorang guru dan itu-itu saja. Padahal anggapan-anggapan seperti itu sepenuhnya salah, Fisika merupakan hal yang begitu mudah dan menyenangkan jika di jalani. Dan buktinya juga banyak orang-orang hebat dan ahli dalam fisika. Selain itu mengenai prospek kerja nya, lulusan fisika juga sangat luas sebenarnya, prospek kerja jurusan Fisika bukan hanya jadi seorang guru atau tenaga pendidik saja.

Banyak bidang yang bisa di masuki oleh lulusan Fisika, ini karena fisika tidak bisa di pisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Banyak hal yang sebenarnya merupakan bidang fisika. Selain itu, lulusan fisika juga sebenarnya akan mudah mendapatkan pekerjaan, selam memang ia berkompetensi baik. Bahkan pekerjaan-pekerjaan seperti guru les, guru privat atau bahkan pengajar kursus sudah bisa di kerjakan dari semasa kuliah.

Program studi Fisika ini biasanya berada di bawah fakultas MIPA. Semasa perkuliahan kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Fisika Dasar, Fisika Kuantum, Fisika Statistik, Fisika Listrik, Elektronika, Menakanika dan lain sebagainya.

Lansung saja, berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Fisika :

1. Perusahaan Energi

Lulusan Fisika bisa melamar dan bekerja di perushaan-perusahaan Energi, karena lulusan fisika juga mempunyai kompetensi untuk bekerja disini. Penerapan-penerapan fisika energi, akan di pakai ketika bekerja di perusahaan Energi. Untuk di Indonesia sendiri, perusahaan yang bergerak di bidang Energi ini sekarang semakin banyak, baik BUMN ataupun Swasta. Contoh beberapa perusahaan Energi di Indonesia saat ini : Chevron, PT PLN, Medco Energi, dan lain sebagainya.

2. Perusahaan Migas

Perusahaan-perusahaan Minyak dan Gas serta pertambangan di Indonesia yang terkenal di antaranya seperti : PERTAMINA, Total Indonesia, Caltex, Schlumberger , PT Aneka Tambang, Freeport, PT Timah.

3. Perusahaan Manufaktur dan Telekomunikasi

Banyak juga lulusan Fisika yang bekerja di bidang telekomunikasi. Ini membuktikan bahwa lulusan fisika mempunyai peluang kerja yang cukup luas. Lulusan fisika bisa bekerja sebagai tim Research dan Pengembangan, ataupun sebagai Quality Control. Contoh perusahaan PT LEN, PT INTI, Samsung, ASTRA Int. , PT Telkom, Siemens, Satelindo.

4. Instansi Pemerintahan

Instansi-instansi pemerintahan yang cocok untuk lulusan Fisika adalah di Lembaga penelitian. Banyak lembaga penelitian Pemerintah yang membutuhkan lulusan Fisika, diantaranya seperti LIPI ( Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), BATAN ( Badan Lembaga Atom Nasional), LAPAN ) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasioanal.

5. Tenaga Pengajar

Menjadi tenaga pengajar dan membagikan ilmu kepada banyak orang juga bisa menjadi pilihan seorang lulusan Fisika, mengingat banyak pekerjaan mengajar terbuka. Atau bisa juga menjadi seorang Dosen Fisika di Universitas, hanya tentu harus kuliah minimal s2 terlebih dahulu jika ingin menjadi Dosen.

 

 

Image Source : COD Newsroom | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US