//Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Farmasi begitu terkenal di kalangan calon mahasiswa baru, bahkan bukan hanya di perguruan tinggi, farmasi juga menjadi bidang yang ada di SMK, banyak SMK farmasi karena kebutuhan akan pegawai di bidang farmasi ini memang cukup banyak.

Program studi Farmasi sendiri adalah program studi yang secara umum mempelajari segala hal yang berhubungan dengan obat, dimulai dari car membuatnya, bahan-bahannya, dosis dan kegunaan masing-masing obat.

Semasa perkuliahan kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Farmakologi, Farmakokimia, Farmasetika, Toksikologi, Bioteknologi Farmasi dan lain sebagainya. Sehingga setelah lulus kamu akan mempunyai kompetensi untuk ahli dalam bidang Farmasi. Gelar yang kamu dapatkan dapatkan ketika lulus kuliah adalah S.Farm ( Sarjana Farmasi).

Beikut beberapa prospek kerja dari lulusan Farmasi :

1. Perusahaan Obat-obatan

Kamu pasti sering melihat obat-obatan dan obat tersebut banyak jenisnya dan mempunyai merek yang berbeda-beda. Ini karena semakin banyak perusahaan yang memproduksi obat-obatan untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan di klinik,rumah sakit dan lain sebagainya. Banyak perusahaan obat-obatan yang ada di indonesia yang mempunyai produksi cukup besar seperti Kalbe Farma, Kimia Farma dan lainnya. Di Perusahaan obat-obatan ini lulusan Farmasi bisa bekerja di bagian operasional, produksi maupun manajerial.

2. Perusahaan Kosmetik

Bukan hanya pembuat obat, lulusan farmasi juga bisa bekerja sebagai pembaut kosmetik di perusahaan kosmetik, mengingat proses pembuatan obat dan kosmetik tidak jauh berbeda dan lulusan farmasi mempunyai keahlian di bidang bahan-bahan atau senyawa kimia.

3. Perusahaan Makan-minum

Bidang makanan dan minuman juga bisa menjadi pilihan bagi lulusan Farmasi, banyak perusahaan makanan dan minuman yang membutuhkan lulusan Farmasi.

4. Rumah Sakit, Klinik, Apotik

Bekerja di Rumah Sakit, Klinik dan Apotik adalah pekerja paling pas untuk seorang lulusan Farmasi, karena lulusan farmasi akan mengerti kebutuhan obat-obatan sesuai dengan penyakit yang diderita.

5. Instansi Pemerintahan

Seorang lulusan farmasi  juga bisa menjadi pegawi negeri dengan bekerja di beberapa instansi pemerintahan yang sesuai dengan kemamppuan yang dimilikinya seperti Kementrian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Daerah.

6. Tenaga Pengajar

Menjadi seorang tenaga pengajar juga bisa menjadi pilihan, baik menjadi guru farmasi maupun dosen Farmasi di perguruan tinggi. Menjadi guru Farmasi juga bisa menjadi pilihan bagi fresh graduate, mengingat semakin banyak dibutuhkan guru farmasi untuk mengisi tenaga pengajar di SMK Farmasi.

Itulah beberapa prospek kerja lulusan Farmasi sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Semoga bisa bermanfaat 🙂 Goodluck !

Keep Calm and Stay Curious.

Silahkan bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Source : Najih Nahali | Flickr

loading...
Share this :
loading...