//Prospek Kerja Jurusan Elektronika dan Instrumentasi

Prospek Kerja Jurusan Elektronika dan Instrumentasi

Kamu suka robot ? Suka dengan IT hal-hal lain yang berbau elektonika dan teknologi ?. Maka akan sangat cocok nih untuk kamu masuk ke program studi keren yang satu ini. Ya, Elektronika dan Instrumentasi. Dan kali ini kita akan menjelaskan beberapa prospek kerja jurusan Elektronika dan Instrumentasi.

Sesuai dengan namanya, program studi Elektronika dan Instrumentasi ini adalah program studi yang mempelajari tentang segala hal yang behubungan dengan elektronika, komputasi, dan teknologi. Program studi ini sendiri berada di bawah Fakultas MIPA (Matimatika dan Ilmu Pengetahuan Alam) sehingga setelah lulus kamu akan menyandang gelar Sarjana Sains S.Si.

Selama masa perkuliahan, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Konsep Fisika, Teknologi Informasi Kontemporer, Untai Listrik, Kalkulus, Elektronika Analog, Instrumentasi, Sains Manajemen, Sistem Kontrol, dan lain sebagainya.

Dan berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Elektronika dan Instrumentasi :

1. Perusahaan Telekomunikasi dan Elektronika

Saat ini untuk di Indonesia sendiri, bekerja di perusahaan Telekomunikasi merupakan harapan bagi banyak orang. Terlebih bekerja di perusahan telekomunikasi seperti Telkom, Indosat, Xl dan perusahaan-perusahaan lainnya yang bergerak di bidang ini.

Di perusahaan Telekomunikasi, lulusan program studi Elektronika dan Instrumentasi bisa bekerja sebagai staff Operasional maupun Sistem Kontrol.

Selain perusahaan Telekomunikasi juga tentunya bisa bekerja di perusahaan elektronika yang membuat alat-alat elektronik. Bahkan sebenarnya banyak mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi yang mahir dan bisa membuat robot dan memenangi banyak kompetisi dan ajang-ajang internasional. Hanya saja, jarang ada fasilitas untuk mengembangkan bakat-bakat tersebut ketika sudah lulus kuliah.

2. Perusahaan Perminyakan dan Energi

Setelah lulus, kamu juga bisa melamar kerja di perusahaan-perusahaan perminyakan dan Energi. Beberapa Perusahaan besar seperti Pertamina, Total ataupun Shell bisa kamu coba. Selain itu perusahaan yang bergerak di bidang energi seperti Chevron, Indonesia Power atau PLN juga bisa jadi lahan kamu bekerja.

3. Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur yang sering dimasuki lulusan dari Elektronika ini banyak yang diantaranya merupakan perusahaan besar dan cukup berpengaruh seperti PINDAD yang memproduksi beraneka senjata api dan alata perang, ataupun PT Dirgantara Indonesia yang terkenal dalam perakitan pesawat terbang.

4. Badan Penelitian

Lulusan dari Elektronika dan Instrumentasi juga bisa bekerja di berbagai lembaga-lembaga penelitian seperti LIPI, LAPAN dan BATAN serta lembaga penelitian lainnya baik yang dikelola pemerintah maupun swasta.

5. Tenaga Pengajar

Lulusan Sains juga tentu saja bisa menjadi seorang tenaga pengajar, baik itu menjadi guru IT maupun dosen di Universitas. Apalagi sekarang seiring dengan perkembangan zaman dan semakin banyaknya lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program studi IT, maka kebutuhan akan tenaga pengajar di bidang ini juga akan terus dibutuhkan.

6. Wirausaha

Tentu saja, menjadi seorang wirausahawan merupakan kesempatan bagi setiap orang. Apalagi seorang lulusan Sains Elektronika dan Instrumentai, bisa berwirausaha di bidang IT yang saat ini banyak digeluti oleh anak muda yang sukses. Mungkin kamu bisa mencoba.

loading...
Share this :
loading...