//Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Islam

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Islam

Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah semakin hari semakin mengalami peningkatan dan tren-nya terus menaik di beberapa tahun terakhir ini. Terbukti dengan semakin banyak-nya Bank-bank syariah.

Bahkan hampir setiap bank besar di Indonesia sendiri mengembangkan cabang Bank Syariah-nya. Peristiwa ini di dorong oleh semakin meningkatnya populasi muslim Inonesia yang sadar akan potensi dan kenyamanan dengan Ekonomi Islam/Syariah ini. Oleh karena itu potensi dan prospek kerja dari lulusan Ekonomi Islam ini untuk kedepan-nya terbuka sangat lebar.

Program Studi Ekonomi Islam sendiri ada di beberapa kampus besar di Indonesia. Selama masa perkuliahan, mahasiswa jurusan akan mempelajari beberapa mata kuliah, seperti : Sistem Ekonomi Islam, Manajemen Operasional Bank Syariah, Akuntansi Keuangan & Perbankan Syariah, Produk & Jasa Perbankan Syariah, Ekonomi Mikro/Makro Syariah, Manajemen Keuangan Syariah, Praktek Bisnis Syariah, dan lain sebagainya.

So, inilah beberapa prospek kerja dari jurusan Ekonomi Syariah :

1. Bank Syariah

Lulusan Ekonomi Islam ini mempunyai prospek kerja kedepannya terutama di sektor bank syariah. Dengan semakin banyak-nya Bank syariah yang ada maka semakin banyak pula sumber daya manusia yang dibutuhkan.

Lulusan Ekonomi Islam ini akan mampu mengisi beberapa posisi di Bank syariah, seperti Teller, Customer Service, Akuntan, Marketing, bahkan SDM. Karena orang yang mengelola bank Syariah ini adalah orang yang harusnya mengerti tentang ekonomi Syariah.

2. Staff Akuntan/Finance Perusahaan

Lulusan Ekonomi Islam juga bisa berkarir di perusahaan baik swasta maupun BUMN. Lulusan jurusan ini juga akan mahir untuk mengelola keuangan dari sebuah perusahaan sehingga perusahaan tersebut bisa berjalan dengan baik.

3. Pegawai Negeri Sipil

Selain di perusahaan, tentu saja lulusan dari jurusan ini mempunyai kesempatan untuk berkarir di pemerintahan atau menjadi PNS. Akan banyak instansi pemerintahan yang membutuhkan pegawai dari lulusan Ekonomi Islam, contohnya di Kementrian Agama atau Dinas Agama Daerah.

4. Lembaga Islam

Lembaga lembaga Islam juga akan sangat terbuka dengan lulusan Ekonomi Islam untuk bekerja di lembaga-nya, karena akan dibutuhkan sumber daya manusia yang selain mengerti Islam juga mengerti ekonomi atau mengelola keuangan yang baik bagi lembaga tersebut.

5. Pengusaha

Lulusan dari Ekonomi Islam juga bisa menjadi pengusaha, dengan modal pengetahuan ekonomi dan mengelola sebuah bisnis yang baik. Sehingga, lulusan jurusan ini tidak hanya bisa bekerja di orang lain, namun juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Itula beberapa prospek kerja dari jurusan Ekonomi ISlam , semoga artikel ini dapat membantu sobat Kece sekalian. Good Luck 🙂

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Bisnis Syariah | Flickr

loading...
Share this :
loading...