//Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan program studi yang mempelajari tentang desain kreatif yang dikomunikasikan melalui media visual. DKV ini merupakan pilihan bagi anak-anak yang mencintai desain yang dan teknologi komputer saat ini. Prospek kerja jurusan Desain Komunikasi Visual ini sangatlah luas sekali, ini mengingat saat ini, desain merupakan kebutuhan penting bagi setiap industri/bisnis.

Semasa perkuliah di DKV, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Ilmu Komunikasi, Filsafat Seni, Ilustrasi, Fotografi, Naskah Iklan, Komik, Tipografi, Grafika, Komputer Grafis, Audio Visual, Animasi, Periklanan, dan lain sebagainya.

Berikut langsung saja, beberapa prospek kerja dari lulusan Desain Komunikasi Visual :

1. Wirausaha

Saat ini lulusan dari Desain Komunikasi Visual mempunyai peluang berwirausaha tinggi di Industri Kreatif. Lulusan DKV bisa membuat rumah atau perusahaan yang bergerak dibidang periklanan, desain grafis, Ilustrasi, Fotografi, Animasi, ataupun Web Designer.

Bidang-bidang kreatif ini memang sedang menjadi fenomena sendiri dan tentu saja akan menciptakan lapangan kerja baru jika kamu bisa mendirikan perusahaan kamu sendiri di bidang-bidang tersebut. Kesematan berwirausaha di bidang ini sangat besar karena tidak terlalu membutuhkan banyak biaya.

2. Biro Periklanan (Advertising House)

Kamu juga bisa bekerja sebagai desainer ataupun ilustrator di perusahaan Biro Periklanan. Perusahaan ini menjalankan pekerjaan untuk membuat sebuah iklan berkualitas untuk perusahaan yang membutuhkan jasanya.

3. Media Televisi

Selanjutnya juga kamubisa bekerja di statiun televisi sebagai desainer ataupun animator dan bidang grafis lainnya. Tentu saja statiun Televisi akan membutuhkan desainer-desainer grafis profesional untuk membuat tampilannya semakin bagus lagi.

4. Perusahaan Percetakan dan Penerbitan

Biasanya di perusahaan percetakan dan penerbitan ini dibutuhkan ilustrator dan desainer cover buku dan desainnya yang akan di cetak. Bekerja di perusahaan ini juga bisa menjadi salah satu pilihan.

5. Perusahaan Umum

Maksudnya, perusahaan apa saja yang di dalamnya membutuhkan staf desainer ataupun  Publik relation, kamu bisa melamar untuk bekerja di bagian tersebut karena sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki. Apalagi sekarang semakin banyak perusahaan yang mempunyai divisi desain nya sendiri tanpa mengandalkan bantuan pihak lain.

6. Freelancer

Jangan dikira jika freelancer tiak mendapatkan banyak uang, untuk satu proyek besar, bahkan gaji dan bayaran freelancer bisa lebih besar. Kamu bisa menjadi freelancer bahkan bisa di mulai sejak kamu kuliah.

7. Konsultan / Biro Konsultan Desain

Bekerja sebagai konsultan desain di Bir Konsultan desain juga tidak kalah kerennya dan bisa kamu coba setelah lulus kuliah.

Image Source : Andi Weiland | Flickr

loading...
Share this :
loading...