//Prospek Kerja Jurusan Desain Grafis

Prospek Kerja Jurusan Desain Grafis

Jurusan Desain Grafis adalah jurusan yang mulai terkenal dan banyak diminati saat ini seiring dengan semakin banyaknya kebutuhan dari berbagai aspek Industri akan sumber daya manusia yang profesional dalam Desain Grafis.

Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object.

Bagi Desainer Grafis yang tertarik bekerja di suatu lembaga / perusahaan, di bawah ini adalah beberapa lapangan pekerjaan yang dapat menjadi pilihan. Inilah beberapa prospek kerja dari Desain Grafis :

1. Perusahaan Periklanan

Perusahaan Periklanan sangat butuh orang-orang yang profesional dar lulusan Desain Grafis yang nantinya akan bertugas merancang strategi komunikasi sebuah merek dan me-layout iklan di berbagai media , fotografi, tipografi, ilustrasi.

Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan creative director, art director, copywriter, fotografer dan illustrator.

2. Rumah Desain/Graphic Design Agency

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis di Graphic Design Agency  biasanya lebih spesifik. Masing-masing agency memiliki fokus keahlian, misalnya di bidang desain kemasan / packaging, desain komunikasi perusahaan, desain publikasi, desain promosi, desain multimedia, desain web dan lainnya.

3. Perusahaan Penerbitan 

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang penerbitan: merancang strategi komunikasi maupun visual berbagai media (contoh: buku, majalah, tabloid, surat kabar), me-layout cover dan isi, fotografi, tipografi, ilustrasi, infographic. Juga merancang materi promosi media tersebut: brosur, poster, iklan, banner, dan lain-lain.

4. Perusahaan Pengembang Web dan Software

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang web dan interface design: merancang konsep, struktur, navigasi, dan penampilan situs web, blog, software, information kiosk, mesin ATM, dan lainnya. Contoh: desain halaman web, banner, button, animasi flash, dan lain-lain.

Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan copywriter dan programmer.

5. Perusahaan Film & Stasiun TV

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang perfilman & TV: merancang konsep visual, story board, title & credits, special effect, trailer, juga properti, stage design (background dan panggung), sampai materi promosinya: poster film, iklan, spanduk dan lainnya.

Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan produser, sutradara, penulis naskah, kontraktor dan berbagai pihak lain.

6. Pengembang Game

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang Game: merancang konsep, peraturan dan sistem game, karakter, setting lingkungan, sampai materi promosinya: poster film, iklan, spanduk dan lainnya.

Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan produser, sutradara, penulis naskah, programmer, interface designer, animation designer, sound designer, dan lain-lain.

7. Lembaga pendidikan

Desainer grafis dapat meniti karier di lembaga-lembaga pendidikan, baik sebagai pengajar tetap maupun paruh waktu. Terutama di jurusan yang biasanya berkaitan dengan desain grafis, contohnya: Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komunikasi, Teknologi Informatika.

8. Branding Agency / Branding Consultant

Aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam branding: merancang strategi identitas dan komunikasi serta visual brand, merancang logo dan identitas lainnya, membuat buku pedoman identitas, menerapkan logo dan identitas visual lainnya ke dalam berbagai media. Contoh: dari kartu nama, kop surat, website, sampai ke desain produk dan kemasan (packaging), seragam karyawan, interior, arsitektur, mobil, pesawat terbang).

Lapangan kerja untk lulusan Desain Grafis tidak hanya di beberapa perusahaan di atas, karena sebenarnya lulusan Desain Grafis bisa bekerja di perusahaan apapun yang membutuhkan ahli dalam pembuatan desain sendiri.

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Ajie | Flickr

loading...
Share this :
loading...