//Prospek Kerja Jurusan Bioproses

Prospek Kerja Jurusan Bioproses

Prospek kerja dari jurusan Bioproses ini cukup banyak dan luas cakupannya. Lulusan dari Program Studi Bioproses atau Teknologi Bioproses ini dapat bekerja di beberapa bidang seperti pangan, lingkungan, farmasi, energi dan medis.

Semasa kuliah, mahasiswa dari program studi ini akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti : Kimia Organik, Mikrobiologi Industri, Mekanika Fluida & Partikel, Komputasi Teknik Kimia, Dasar-dasar Teknologi Bioproses, Perancangan & Analisis Bioreaktor dan lain sebagainya.

Inilah beberapa bidang industri yang bisa di masuki oleh seorang lulusan Teknik Bioproses :

1. Industri Makanan dan Minuman

Banyak sekali perusahaan besar yang bergerak di bidang Food & Beverage atau Makanan dan minuman, baik itu perusahaan nasional atau bahkan Multi Nasional. Ini dikarenakan yang namanya Makanan dan Minuman merupakan kebutuhan pokok dari setiap orang. Seperti contoh-nya Danone, Unilever, Yakult, Extra Joss, dan lain sebagainya.

2. Industri Farmasi dan Vaksin

Lulusan dari Teknik Bioproses juga bisa bekerja di perusahaan Farmasi dan vaksin, seperti : Kalbefarma, Kimifarma, dan lainnya. Mengingat kebutuhan akan obat-obatan serta perkembangan industri Farmasi yang terus menaik maka lulusan dari Teknik Bioproses ini mempunyai peluang yang sama besarnya untuk bekerja di Industri Farmasi ini

3. Industri Energi

Tidak hanya di bidang pangan atau Farmasi saja, lulusan dari Teknik Biproses juga mempunyai kualitas yang sama dan bisa bekerja di Perusahaan yang bergerak di bidang Energi. Seperti : Pertamina, Chevron, dan lainnya.

Nah,lalu posisi apa sajakah yang biasanya di tempati oleh lulusan Teknik Bioproses ini ? So, inilah beberapa prospek kerja dari luluan Teknik Bioproses :

1. Production Division

Lulusan Teknik Bioproses ini dibekali dengan kemampuan penanganan produksi. Sehingga, lulusan Teknik Bioproses ini bisa bekerja di Divisi Produksi diberbagai perusahan Industri Makanan dan minuman atau Industri Farmasi.

2. Engineering

Lulusan Teknik Bioproses juga bisa bekerja untuk mengendalikan mesin-mesin pembuat Obat-obatan, Makanan, Minuman, ataupun olahan kimia lainnya.

3. Quality Control

Divisi pengendali mutu ini terutama di Industri Makanan dan Minuman serta farmasi bisa diisi oleh lulusan Teknik Bioproses, karena mereka berkompetensi dalam pengendalian sistem produksi suatu produk yang bersifat kimia dari awal sampai akhir.

 

Itulah beberapa penjelasan tentang Prospek Kerja lulusan dari Teknik Bioproses, GoodLuck 🙂

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Sehat Negeriku | Flickr

loading...
Share this :
loading...