//Prospek Kerja Jurusan Biologi

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Kamu ingin masuk Biologi ? Masih ragu dengan prospek kerja jurusan Biologi ? Yap, kali ini kita akan membahas beberapa prospek kerja dari lulusan Biologi.

Namun sebelumnya kita jelaskan kembali bahwa Program Studi Biologi ini merupakan program studi yang mempelajari tentang Ilmu Biologi secara mendalam dan spesifik seperti Mikrobiologi, Zoologi, dan Botani. Program studi Biologi ini biasanya masuk di Fakultas MIPA. Bagi lulusan Biologi, nantinya akan mendapatkan gelas Sarjana Sains, S.Si.

Kamu pasti sudah sering mendengar kata Biologi, dari semenjak SD sampai sekarang pasti kerap bertemu dengan kata yang satu ini. Dan itu menggambarkan bahwa biologi ini memang sangat mempunyai banyak kaitan dalam kehidupan kita sehari-hari, tidak lain karena kita adalah mahluk biologis.

Dan semasa perkuliahan kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti : Biologi Dasar, Biologi Sel, Fisiologi Tumbuhan, Fisiologi Hewan, Mikrobiologi, Genetika, Taksonomi, Evolusi, dan mata kuliah lainnya.

Dan berikut langsung beberapa prospek kerja bagi lulusan Biologi :

1. Tenaga Pengajar

Karena ilmu biologi ini banyak di pelajari dari mulai pendidikan dasar bahkan sampai dengan perkuliahan pun ilmu-ilmu biologi ini di pelajari sebagai ilmu dasar dari berbagai jurusan, seperti farmasi, pertanian, kedokteran, dan lain sebagainya,

Sehingga, sudah bisa di pastikan jika lulusan Biologi ini mempunyai banyak peluang kerja terutama sebagai tenaga pengajar. Baik itu di sebagai guru ataupun menjadi seorang Dosen di Universitas.

2. Perusahaan Swasta

Selain menjadi seorang pengajar, lulusan Biologi juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan swasta yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, seperti di perusahaan Farmasi, Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan alat Alat Kesehatan.

Di perusahaan-perusahaan tersebut, lulusan biologi bisa bekerja di berbagai bagian, seperti Quality Control ataupun Operasional.

3. Lembaga Penelitian / LSM

Lulusan Biologi juga bisa bekerja di lembaga-lembaga penelitian baik lembaga penelitian pemerintah maupun swasta. Selain itu, banyak juga lulusan BIologi yang ambil peran di banyak Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM yang bergerak di lingkungan Hidup dan kesehatan. Contohnya seperti WWF, IUCN ataupun WHO.

4. Pegawai Negeri

Yap, tentu saja kamu mempunyai kesempatan yang sama untuk bekerja di berbagai Instansi Pemerintahan dan menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Beberapa Instansi pemerintahan yang sesuai dengan kompetensi dan knowledge yang dimiliki, diantaranya seperti Kementrian Kesehatan, Kementrian Pertanian dan Peternakan, Kementrian Kelautan ataupun Kementrian Lingkungan Hidup.

5. Entrepreneur

Kewirausahan saat ini selalu ada dalam setiap kurikulum di program studi apapun dan Universitas apapun juga. Sehingga, untuk kamu yang ingin menjadi seorang Entrepreneur,  sudah ada gambaran apa yang harus di lakukan. Bidang usaha yang cock untuk lulusan Biologi tentunya bidang-bidang yang pernah di pelajari sejak perkuliahan seperti Budidaya Tanaman, Pertanian, Peternakan, Kesehatan, ataupun Farmasi. Menjadi seorang Entrepreneur juga tentunya akan memberikan manfaat banyak terhadap orang lain, seperti mencipatakan lapangan kerja baru.

Image Source : NTNU, Faculty Of Natural Science and Technology | Flickr

loading...
Share this :
loading...