//Prospek Kerja Jurusan Bahasa Korea

Prospek Kerja Jurusan Bahasa Korea

Program Studi Bahasa Korea, sama seperti program studi bahasa lainnya biasanya berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya. Prospek kerja jurusan Bahasa Korea sendiri saat ini sedang baik-baiknya, bagaiman perkembangan pesat negara korea yang memberikan dampak baik pula bagi perekonomian negara-negara yang bekerja sama dengan Korea, salah satu nya negara kita. Banyak perusahaan Multinasional Korea yang berekspansi ke kitamenyerap tenaga kerja Indonesia dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi juga.

Semasa perkuliahan sendiri, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah inti seperti : Pengantar Linguistik, Kebudayaan Korea, Sejarah Korea, Bahasa Korea, Sastra Korea, dan berbagai mata kuliah lainnya.

Berikut beberapa prospek kerja bagi lulusan Bahasa Korea :

1. Perusahaan Multinasional Korea

Dengan ekspansi yang dilakukan perusahan-perusahaan ke negara kita tentu akan membutuhkan tenaga-tenaga kerja yang bisa berkomunikasi dengan bahasa korea baik secara lisan maupun tulisan. Kamu bisa bekerja dsebagai translator ataupun intrepreter dan bahkan di bagian-bagian lainnya yang sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki.

2. Media

Ya, kamu bisa bekerja di berbagai jenis media, baik media Korea, maupun media dalam negeri yang membutuhkan kemampuan bahasa korea kamu. Apalagi sekarang semakin banyak film-film korea yang tentunya membutuhkan banyak translator bahasa korea juga.

3. Instansi Pemerintahan

Bahkan jika kamu ingin bekerja di instansi-instansi pemerintahan seperti kemenlu atau deplu, kamu juga memilii kesempatan besar dengan kompetensi berbahasa korea yang kamu miliki. Selain itu Instansi-instansi lain seperti Dinas Pendidikan, ataupun Dinas Pariwisata juga bisa kamu coba.

4. Tenaga Pengajar

Dengan semakin berbpengaruhnya bangsa kora, semakin banyak orang yang ingin mempelajari bahasa korea, dan masih sedikit tenaga pengajar profesional yang bisa memberikan pengajaran bahas korea, sementara kebutuhan akan pengajar bahasa korea setiap tahunnya semakin meningkat, baik untuk SMA Sederajat, Kursus, Akademi, maupun Universitas.

5. Tour Guide

Kamu juga bisa menjadi Tour Guide dan melakukan pemanduan wisata terutama bagi para wisatawan Korea yang datang ke Indonesia. Jumlah wisatawan korean walaupun tidak merupakan yang paling banyak, tapi setiap tahunnya terus mengalamai kenaikan.

6. Pengusaha

Jika kamu ingin menjadi pengusahapun, bisa saja kemampuan bahasa korea kamu akan sangat di butuhkan, terutama jika kamu ingin memusatkan kerja sama denga perusahan dan orang-orang korea. Atau bahkan kamu bisa memulai usaha Kursus Bahasa Korea sendiri, dan bisnis lainnya yang sesuai denga passion yang kamu miliki.

Image Source : Valentin Janiaut | Flickr

loading...
Share this :
loading...