//Prospek Kerja Jurusan Bahasa dan Sastra Perancis

Prospek Kerja Jurusan Bahasa dan Sastra Perancis

Bahasa dan Sastra Perancis biasanya merupakan salah satu program studi yang berada di bawah fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Ketika kamu masuk ke jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang budaya serta bahasa dari bangsa Perancis.

Oleh karenanya selama masa perkuliahan, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti ; Bahasa Perancis, Budaya, Sastra, Sejarah, serta Teknologi dan Ketatanegaraan Perancis, dan lain sebagainya.

Setelah lulus dari program studi ini, ada beberapa prospek kerja yang begitu menarik diantaranya :

1. Diplomat

Menjadi seorang Diplomat adalah impian dari banyak orang, dan impian itu terasa sangat dekat bagi kamu lulusan program studi Bahasa dan Sastra Perancis, karena salah satu persyaratan bkerja di departemen dan Kementrian Luar Negeri adalah mahir berbahasa asing, apalagi bahasa Perancis ini bukan saja digunakan oleh orang perancis saja, di beberapa negara lain seperti Canada, Timur Tengah, Negara-negara Afrika Utara dan lainnya. Sehingga peluang kamu menjadi diplomat tidak saja hanya bergantungpada negara perancis saja.

2. Penerjemaah

Penerjemaah merupakan pekerjaan yang tidak bisa dianggap remeh, apalagi untuk bahasa yang cukup sulit seerti bahasa Perancis ini. Biasanya banyak proyek untuk penerjemaah seperti penerjemaah buku, komik, dan tulisan lainnya, ataupun penerjemaah lisan.

3. Perusahaan Perancis

Perancis merupakan negara besar dengan ekonomi yang cukup kuat di dunia, tidak heran banyak perusahaan multinasional yang lahir dari negara ini. Di Indonesia sendiri banyak perusahaan Multinasional yang berasal dari perancis, seperti perusahaan Total Oil contohnya. Sehingga kamu bisa juga melamar ke perusahaan multinasional ini untuk mengisi beberapa bagian seperti Public Relation, atupun Operasional dan Manejemen.

4. Tour Guide

Menjadi seorang Tour Guide juga bisa menjadi pilihan. Dengan semakin berkembangnya Pariwisata di Indonesia dan semakin banyak juga wisatawan asing yang berkeunjungm dan salah satunya yang banyak yang berasal dari negara perancis, sehingga akan dibutuhkan juga guide berbahasa perancis untuk memenuhi kebutuhan wisatawan perancis yang lebih senang berbicara dan mendengar bahasa perancis ketimbang bahasa Inggris.

5. Tenaga Pengajar

Dengan semakin terbukanya dunia global maka kebutuhan akan kemampuan multi bahasapun menjadi salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Bahasa perancis yang merupakan bahasa yang paling banyak ke-2 digunakan oleh manusia di muka bumi ini. Wajar jika bahasa ini banyak diminati, sehingga peluang kerja menjadi tenaga pengajar bahasa Perancis pun semakin menarik, dengan tingginya kebutuhan tenaga pengajar baik itu dari sektor kursus, pelatihan, Sekolah maupun Universitas.

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan Bahasa dan Sastra Peracis, tentu saja masih banyak prospek kerja lain bagi lulusan prodi ini selama sesuai dengan skill yang dimilikinya.

 

Image Source : Moyan Brenn | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US