//Prospek Kerja jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

Prospek Kerja jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu program studi yang paling diminati di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Ini karena prospek kerja yang begitu luas dan memungkinkan lulusan mempunyai banyak pilihan karir ketika lulus kuliah.

Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia ini mempelajari Sastra, Bahasa dan Budaya dari Indonesia secara komperhensif. Ketika masa perkuliahan kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Kesustraaan, Linguistik, Sintaksis, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia :

1. Tenaga Pengajar

Lulusan Bahasa dan Sastra identik dengan pekerjaan sebagai tenaga pengajar, baik guru ataupun dosen. Diman-mana, pasti disetiap instansi pendidikan dari mulai sekolah dasar sampai dengan universitas, tenaga pengajar untuk bidang bahasa Indonesia memang selalu di butuhkan, bahkan bisa lebih dari 2 atau 3 untuk satu instansi saja. Maka peluang kerja kamu menjadi tenaga pengajar cukup terbuka lebar.

2. Peneliti / Lembaga Penelitian

Menjadi peneliti, memang tidak terlalu populer di kita, padahal di luar sana, tenaga peneliti begitu populer dan di butuhkan, karena tidak akan ada cukup kemajuan tanpa sebuah penelitian. Menjadi peneliti bisa bergabung dengan lembaga penelitian, lembaga survey, atau bahkan bergabung dengan sebuah perusahaan dan menjadi bagian  Reseach and Development.

3. Penulis

Menjadi seorang penulis, baik itu penulis buku, novel, komik dan karya lainnya juga bisa jadi pilihan, apalagi jika itu merupakan passion kamu. Selain itu, kamu jug bisa bekerja sebagai editor di perusahaan percetakan atau bahkan di media tulis.

4. Jurnalis

Jurnalis ini banyak cabangnya, bisa wartawan, penulis, redaktur ataupun editor di media. Tidak hanya itu, jika kemampuan berbicara kamu juga bagus maka kamu juga bisa melamar menjadi pembawa acara berita, mc, penyiar radio, dan lain sebagainya,

5. Instansi Pemerintahan

Tidak hanya di instansi swsta, kamu juga bisa melamar kerja menjadi pegawai negeri. Instansi pemerintahan yang paling relevan untuk lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah Kementria Dalam Negeri ataupun Kementrian Luar Negeri.

6. Wirausaha

Menjadi seorang wirausahawan memang tergantung keputusan dari setiap orang. Jika kamu mempunyai passion berwirausaha, maka jangan ragu untuk menjadi seorang wirausahawan. Contohnya salah satu sektor bisnsi yang paling cocok untuk lulusan ini adalah di bidang percetakan, media, dan lain sebagainya.

 

Image Source : Yan Arief Purwanto | Flickr

loading...
Share this :
loading...