//Prospek Kerja Jurusan Bahasa dan Sastra China

Prospek Kerja Jurusan Bahasa dan Sastra China

China, dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia saat ini memeang semakin berpengaruh. Oleh karena itu pun, bahasa dan budaya China sendiri memberikan banyak pengaruh terhadap peradaban dunia. Apalagi karakter orang China yang dari dulu telah dikenal sebagai para pengembara, sehingga ketika kamu pergi keseluruh dunia pun, kamu akan menemukan ada orang China, atau orang-orang keturunan China.

Maka, jika kamu masuk ke program studi Bahasa dan Sasra China, itu akan menjadi sebuah peluang untuk kamu, banyak sektor yang bisa kamu masuki ketika kamu lulus kuliah nantinya.

Program studi bahasa dan sastra China adalah program studi yang mempelajari tentang Budaya, Bahasa, dan Sastra China pada umumnya. Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Bahasa dan Sastra China :

1. Diplomat / Kemenlu

Ketika lulus, kamu bisa bekerja sebagai sorang diplomat yang tinggal di China sebagai perwakilan negara kita. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di beberapa bagian di kemenlu ataupun staf di KBRI untuk negara Tiongkok.

2. Penerjemaah

Penerjemaah akan selalu di butuhkan, baik itu untuk penerjemaah yang bersifat tulisan, seperti menjerjemaahkan buku, novel, komik dan karya sastra lainnya. Atau pun penerjemaah lisan, menerjemaahkan orang yang sedang berbicara kepada orang lainnya. Apalagi hubungan bisnis antara negara kita dan Tiongkok yang semakin meningkat tiap tahunnya, maka interaksi-interaksi berupa komunikasi harus di lakukan.

3. Jurnalis

Bahkan banyak juga, warga negara kita yang bekerja sebagai jurnalis justru untuk media-media tiongkok, atau sebaliknya, kita bekerja untuk media negara kita yang mencari informasi di Tiongkok. Apalagi tiongkok ini hitungannya bukan hanya Tiongkok itu saja, melainkan ada negara-negara seperti Taiwan, Hongkong ataupun Macau.

4. Guide

Jumlah penduduk Tiongkok yang banyak dan semakin sejahtera dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kelas menengah maka memungkinkan banyak orang Tiongkok yang berwisata ke luar negeri, salah satunya Indonesia.

Bisa kita lihat saja di Bali bahkan semakin banyak saja orang Tiongkok yang datang ke Bali atau pun destinasi-destinasi favorit lainnya. Maka Pekerjaan sebagai Tour Guide ini semakin menjanjikan dan akan banyak di butuhkan Giede profesional yang mampu berbahasa China dengan baik.

5. Tenaga Pengajar

Sektor tenaga pengajar juga tidak kalah menariknya. Kamu bisa menjadi guru ataupun dosen untuk bahasa Mandarin. Mengingat, semakin banyaknya Institusi pendidikan yang mengadakan pembelajaran untuk bahasa Mandarin. Namun ya ingat, kalau mau jadi dosen minimal harus kuliah lagi S2.

6. Perusahaan China

Bahkan, jika kamu ingin masuk ke sektor yang lebih umum pun kamu bisa masuk ke perusahaan-perusahaan multinasional asal Tiongkok yang semakin banyak saja. Di sini kamu bisa bekerja sesuai dengan skill yang kamu miliki baik itu di Public Relation, Costumer Service, Manajemen, ataupun Marketing.

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan program studi Bahasa dan Sastra China, tentu saja banyak pekerjaan lainnya selama sesuai dengan skill dan kemampuan yang di miliki, seperrti menjad PNS atau bahkan berwirausaha.

Image Source : David Berkowitz | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US