//Prospek Kerja Jurusan Astronomi

Prospek Kerja Jurusan Astronomi

Astronomi merupakan program studi yang hanya ada satu dan di satu Universitas di Indonesia, ya ITB. Program studi yang mempelajari tentang benda langit dan ruang angkasa ini berada dibwah Fakultas MIPA. Sehingga seletah lulus, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Sains. Untuk prospek kerja jurusan Astronomi ini sebenarnya cukup banyak dan luas cakupannya. Ini karena semasa perkuliahan juga mempelajari berbagai mata kuliah seperti Fisika, Matematika, Kimia, Pemrograman, Instrumentasi, Penulisan, Presentasi dan lain sebagainya.

Mungkin di Indonesia jurusan Astronomi in tidak terlalu populer, namun di luar negeri sana yang pengembangan luar angkasanya maju, jurusan ini begitu diminati. Tentu saja karena bayaran kerja menjadi seorang astronom disana begitu besar. Namun sebenarnya, seorang lulusan Astronomi tidak hanya terpaku untuk harus bekerja sebagai seorang Astronom.

Berikut langsung saja beberapa prospek kerja bagi lulusan Astronomi :

1. Astronom di Lembaga Penelitian, Lemabaga Antariksa, Observatorium

Seorang tentunya bekerja di lembaga-lembaga penelitian astronomi dan luar angkasa. Tentu saja bukan masalah untuk seorang Astronom profesional walaupun harus bekerja di luar negeri. Yang terbaru untuk di kawasan ASEAN baru-baru ini membentuk lembaga penelitian luar angkasa bernama SEAN ( South East Asia Networking ). Selain itu di indonesia ada lembaga antariksa seperti LAPAN serta observatorium-observatorium.

2. Tenaga Pengajar

Bagi lulusan Astronomi yang melanjutkan S2 tentu saja mempunyai kesempatan untuk menjadi seorang Dosen di perguruan tinggi. Sebenarnya, tidak harus menjadi seorang dosen Astronomi melainkan dosen Fisika di mata kuliah Astrofisika juga bisa dimasuki. Selain menjadi Dosen, bisa juga menjadi pengajar di Sekolah dan  Lembaga Pembelajaran Sains.

3. Media / Media Astronomi

Seorang lulusan Astronomi juga mempunyai kemampuan dalam menulis, sehingga kamu juga bisa bekerja untuk menulis mengenai berita-berita astronomi dan luar angkasa terbaru. Bisa bekerja di media astronomi khusus, maupun di media umum yang juga ada bagian astronominya.

4. Bidang Umum

Lulusan astronomi juga bisa bekerja dibidang-bidang lainnya yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Bisa melamar menjadi PNS, Programmer, menjadi seorang Entrepreneur dan bidang-bidang lainnya.

loading...
Share this :
loading...