//Prospek Kerja Jurusan Arsitektur

Prospek Kerja Jurusan Arsitektur

Program studi Arsitektur adalah program studi yang mempelajari tentang bagaimana membuat sebuah bangunan dari mulai perencananaan serta hal-hal lainnya yang mendukung untuk terbentuknya sebuah bangunan yang baik, mempunyai nilai yang tinggi baik dari kekuatan, fungsi maupun keindahan bangunan itu sendiri.

Mata kuliah yang dipelajari di program studi Arsitektur diantaranya adalah :  Metode dan Teori Arsitektur, Manajemen Konstruksi, Struktur Kontruksi Bangunan serta mata kuliah lainnya. Setelah lulus maka lulusannya akan bekerja sebagai seorang arsitek, dan dunia arsitek juga cukup luas cakupannya dan di butuhkan dimana-mana apalagi dengan pembangunan di negara kita yang sedang di garap yang membutuhkan arsitek yang kompeten untuk membangun berbagai macam bangunan.

Dan inilah beberapa prospek kerja jurusan arsitektur :

1. Arsitek di Perusahaan Developer

Seorang lulusan program studi arsitektur  bisa melamar kerja menjadi pegawai di perusahaan developer sebagai perancang bangunan dari perusahaan tersebut. Dan tentu saja gaji bagi seorang pegawai di perusahaan developer cukup lumayan.

Saat ini semakin banyak saja perusahaan developper yang menawarkan produknya untuk di jual kemasyarakat menandakan potensi pekerjaan sebagai seorang arsitek sangat baik apalagi kebutuhan akan hunian masyarakat tahun ke-tahun semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi negara kita ini.

Comtoh beberapa perusahaan developer terkenal seperti : Agung Podomoro, Alam Sutera, Ciputra Group, Lippo Group, dan lainnya.

2. Biro Konsultan Arsitektur

Biro konsultan arsitektur ini adalah perusahan yang bergerak di bidang jasa konsultasi desain atau rancangan dalam membuat sebuah bangunan. Dengan bekerja disini tugasnya adalah sebagai arsitek yang bekerja di biro tersebut untuk membantu membuat rancangan bangunan yang sesuai dan di inginkan oleh pihak lain, baik perusahaan maupun perseorangan.

Contoh beberapa perusahan kontraktor di Jakarta seperti Agung Sedayu Group, Adhi Realty dan lain sebagainya.

3. Pegawai Perusahaan Kontraktor

Seorang arsitek juga diperlukan oleh perusahaan kontraktor yang akan membuat atau melaksanakan sebuah proyek bangunan. Di perusahaan ini seorang arsitek bisa bekerja sebagai perancang-nya saja ataupun perancang sekaligus pelaksana pekerjaan dilapangan, tergantung dari perusahaan kontraktor tersebut.

4. Instansi Pemerintahan

Siapa bilang seorang arsitek tidak bisa menjadi seorang PNS. Arsitek diperlukan juga jasa-nya diberbagai institusi pemerintahan untuk membangun dan melakasanakan sebuah proyek. Contohnya adalah di Kementrian Pekerjaan Umum ataupun di Dinas Perencanaan dan Tata Kota.

5. Freelancer atau Arsitek Mandiri

Seorang arsitek tidak harus bekerja dengan ikatan kontrak pada orang lain. Arsitek bisa juga menjadi seorang freelancer atau arsitek mandiri yang bebas mengerjakan proyek apa saja dan tidak menjadi pegawai tetap dari seorang perusahaan.

Nah itulah beberapa prospek kerja dari jurusan Arsitektur, mudah-mudahan membantu ya sobat kece 🙂 GoodLuck !

Work hard play hard – Anonymous

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Adi Munandar | Flickr

loading...
Share this :
loading...