//Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Program Studi Arkeologi merupakan program studi yang mempelajari mengenai kebudayaan masa lampau serta peninggalannyaa. Prospek kerja jurusan Arkeologi lebih terfokus di bidang penelitian, yakni penelitian benda-benda arkeologi, ini karena semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengetahui sejarah serta peninggalan-peninggalan budaya masa lalu.

Semasa perkuliahan sendiri, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Arkeologi Sosial, Arkeologi Lingkungan, Arkeologi Pariwisata, Arkelogi Arsitektur, Kepurbakalaan, Ikonografi, Keramologi, Prasejarah, dan lain sebagainya.

Berikut prospek kerja jurusan Arkeologi selengkapnya :

1. Arkeolog / Balai Arkeologi

Yang pertama adalah menjadi seorang Arkeolog, yakni orang yang meneliti benda-benda dan segala hal yang berhubungan dengan peninggalan dari kebudayaan masa lalu. Kamu bisa bekerja sebagai seorang arkeolog yang melakukan penelitian sendiri ataupun bekerja di sebuah Balai Arkeologi.

2. Lembaga Penelitian

Kamu juga bisa bekerja di lembaga penelitian umum seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ataupun lembaga penelitian Arkeologi Nasional seperti ARKENAS.

3. Tenaga Pengajar / Akademisi

Jika kamu memiliki passion untuk terus belajar dan mengajar, kamu bisa menjadi seorang akademisi dengan menjadi tenaga pengajar Dosen  Universitas-universitas yang mempunyai program studi Arkeologi.

4. Instansi Pemerintahan

Menjadi seorang PNS juga bisa menjadi pilihan kamu. Beberapa lembaga pemerintahan yang sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki diantaranya adalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Pusat Perawatan Arsip, Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala, dan instansi-instansi lainnya.

5. Jurnalis

Menjadi Jurnalis di media, baik itu media elektonik maupun media cetak juga bisa menjadi pilihan. Karena hasil kajian dari Arkeologi selalu menjadi topik yang dibahas di media. Media terkenal seperti National Geographic contohnya bisa menjadi haluan kariri kamu di masa depan.

6. Museum

Mengelola sebuah museum juga bisa menjadi pekerjaan yang tidak kalah menarik. Museum merupakan tempat dimana benda-benda bersejarah tersimpan rapi dan menjadi sarana pembelajaran terbaik bagi masyarakat umum.

 

Image Source : gula08 | Flickr

loading...
Share this :
loading...