//Prospek Kerja Jurusan Antropologi Budaya

Prospek Kerja Jurusan Antropologi Budaya

Antropologi Budaya adalah program studi yang mempelajari manusia lebih spesifik dari segi budaya yang dihasilkan oleh suatu masyarakat. Mahasiswa lulusan dari jurusan ini sebenarnya mempunyai nprospek kerja yang cukup luas, karena ilmu yang dipunyai-nya dibutuhkan oleh banyak sektor.

Selama masa perkuliahan, mahasiswa Antropologi budaya akan mempelajara beberapa mata kuliah seperti : Antropologi Pedesaan, Antropologi Lingkungan, Antropologi Perkotaan, Antropologi Kependudukan, Antropologi Terapan, Antropologi Kesehatan dan lain sebagainya.

Berikut kami rangkum beberapa prospek kerja dari lulusan Antropologi Budaya :

1. Dosen / Pengajar

Lulusan dari jurusan ini bisa menjadi seorang pengajar atau Dosen, karena hampir di setiap program studi mempunyai mata kuliah yang berhubungan dengan Antropologi. Sehingga, peluang menjadi pengajar akan terbuka lebar untuk lulusan Antropologi Budaya ini, hanya saja tentu harus lanjut S2 terlebih dahulu untuk menjdai tenaga pengajar Dosen.

2. Manajemen Sumber Daya Manusia

Dengan kemampuan yang dimiliki-nya mengenai budaya dan karakteristik seorang pribadi maka lulusan Antropologi Budaya ini mempunyai kapasitas untuk bekerja sebagai seorang staff di bagian Human Resources Development.

Perusahan merupakan sebuah tempat yang dihuni oleh berbagai manusia yang berbeda-beda, sehingga tugas seorang manajemen HRD untuk menciptakan suasana dan budaya perusahaan yang positif tentunya.

3. Wartawan

Ya, wartawan adalah pekerjaan yang mengharuskan untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan berbagai orang dari berbagai latar belakang. Banyak lulusan antropologi budaya yang mampu menjadi wartawan profesional dengan memanfaatkan kemampuannya dalam berkomunikasi dengan berbagai kalangan untuk mendapatkan informasi terbaik tentunya.

4. Research and Development Staff

Selain bisa menjadi staf di bagian Sumber Daya Manusia, lulusan dari Antropologi Budaya juga bisa mengisi bagian Research and Development, yaitu bagian dari perusahaan yang  bertugas untuk melakukan penelitian-penelitian di masyarakat untuk mendapat informasi dan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan.

5. Pegawai Negeri Sipil

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di berbagai Instansi pemerintahan juga bisa menjadi prospek kerja dari lulusan Jurusan Antropologi Budaya. Beberapa Instansi Pemerintahan yang membutuhkan kemampuannya adalah : Kementrian Pendidikan, Sosial, Kependudukan, Kesehatan, dan lain sebagainya.

7. Pengusaha

Pengusaha yang sukses mempunyai kemampuan yang baik dalam melihat peluang dan mengerti dengan baik kebutuhan masyarakat di lingkungannya. Dengan menerapkan beberpa skil yang dimiliki dan kerja keras tentunya, bukan tidak mungkin lulusan dari Antropologi Budaya ini bisa menjadi pengusaha yang sukses.

 

Itulah beberapa daftar prospek kerja dari Lulusan Antropologi Budaya, dan bekerja dimana yang paling kamu inginkan adlaha pekerjaan yang terbaik. Good Luck, semoga bermanfaat 🙂

 

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Vagamundos Blog | Flickr

loading...
Share this :
loading...