//Prospek Kerja Jurusan Agroekoteknologi

Prospek Kerja Jurusan Agroekoteknologi

Kali ini kita akan membahas tentang apa itu jurusan Agroekoteknologi dan apa saja prospek kerjanya.

Agroekoteknologi, berbeda dengan Agro Industri Teknologi atau Jurusan Teknologi Hasil Pertanian. Agroekoteknologi mempelajari tentang bagaimana cara mengelola komoditas tanaman dan tumbuhan yang menjadi sumber pangan dari mulai awal sampai akhir.

Semasa perkuliahan kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah, seperti : Agribisnis, Analisis Pertumbuhan, Aplikasi Komputer, Biokimia Tanaman, Biologi Tanah, Manajemn, Fisika Pertanian, dan lain sebagainya.

Prospek kerja dari program studi ini juga cukup menarik melihat potensi pertanian Indonesia kedepan yang akan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Agroekoteknologi :

1. Perusahaan Perkebunan

Perusahaan berkebunan di Indonesia sendiri sangat banyak, mulai dari perusahaan BUMN maupun perusahaan swasta tidak kalah menariknya. Banyak jenis dari perusahaan perkebunan ini, mengingat banyak sekali komoditas tanaman yang ada di negara kita.

2. Perusahaan Perbenihan

Perusahaan perbenihan ini adalah perusahaan yang mengembangkan dan menjualkan benih-benih untuk para petani dan berbagai keperluan lainnya.

3. Perusahaan Pupuk

Lulusan dari Agroekoteknologi juga bisa melamar dan bekerja di perusahaan pupuk. Perusahaan di perusahaan ini kamu bisa bekerja di bagian operasional maupun manajerial.

4. Perusahaan Pestisida

Selain pupuk, pestisida merupakan salah satu bagian yang sangat dibutuhkan di pertanian saat ini. Perusahaan pestisida membantu meningkatkan keberhasilan industri pertanian.

5. Instansi Pemerintahan

Selain bekerja di swasta, tentu saja peluang kerja di pemerintahan selalu ada. Beberapa Instansi yang paling pas untuk lulusan Agroekoteknologi adalah Dinas Pertanian, Kementrian Pertanian, dan Balai Penelitian.

6. Tenaga Pengajar

Pertanian saat ini menjadi suatu ilmu yang banyak dipelajari, apalagi saat ini semakin banyak SMK pertanian sehingga membuka banyak lapangan kerja untuk tenaga pengajar di bidang pertanian.

7. Wirausaha

Menjadi seorang wirausahawan bisa menjadi sebuah pilihan. Selain bisa mendapatkan banyak uang, juga bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain. Tentu saja, berwirausaha di bidang industri pertanian adalah hal yang paling pas untuk lulusan Agroekoteknologi.

 

Keep Calm and Stay Curious.

Silahkan bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Source : Zoel | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US