//Peluang Kerja Jurusan Sosiologi

Peluang Kerja Jurusan Sosiologi

Ketika kamu masuk ke Program Studi Sosiologi, kamu mungkin akan berfikir kedepannya kamu akan jadi apa. Dan ternyata lulusan dari Sosiologi ini mempunyai prospek kerja yang cukup baik dan terhitung luas cakupannya. Ini tidak terlepas juga dari mata kuliah yang dipelajari selama masa pendidikan di Program Studi Sosiologi ini.

Beberapa Mata Kuliah yang dipelajari semasa kuliah ialah : Sosiologi, Ilmu Statistik Sosial, Ilmu Komunikasi, Sistem Sosial Budaya, Sosiologi perkotaan dan lain lain.

Berikut kami rangkum beberapa prospek kerja dari lulusan Sosiologi :

1. Tenaga Pengajar

Lulusan Sosiologi bisa langsung melamar kerja di sekolah SMA dan sederajat, banyak yang membutuhkan tenaga pengajar untuk bidang mata pelajaran sosiologi. Atau bisa langsung lanjut S2 bagi yang ingin menjadi Dosen di Universitas.

Lowongan di bidang tenaga pengajar memang cukup banyak dan terbuka lebar, karena semakin banyak-nya Instansi pendidikan, sehingga meningkatnya kebutuhan akan tenaga pengajar.

2. Staff Sumber Daya Manusia

Ruang lingkup prospek kerja seorang lulusan dari jurusan Sosiologi tidak hanya terbatas di bagian tenaga pengajar saja. Bahakn kamu bisa juga melamar ke perusahaan swasta, ataupun BUMN. Ada bagian dari sebuah perusahaan yang membutuhkan kompetensi seorang lulusan dari Sosiologi.

Ya, kamu bisa melamar kerja di bagian staf HRD, atau Sumber Daya Manusia di sebuah perusahaan. Nantinya staff HRD ini akan bertugas untuk mengamati sosial budaya pegawai di sebuah perusahaan, serta merencanakan program-program yang bisa meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia dari sebuah perusahaan.

3. Social Research

Seorang lulusan dari Sosiologi bisa juga menjadi seorang Social Research atau peneliti sosial. Bisa bekerja di sebuah perusahaan Social Research atau bahkan mendirikan social research sendiri.

Nantinya akan bertugas untuk melakukan penelitian di masyarakat tentang suatu hal untuk mendapatkan informasi mengenai keadaan suatu masyarakat, biasanya untuk tujuan tertentu seperti pembuatan produk dari sebuah perusahaan yang akan cocok dan ampu di terima oleh masyarakat danlingkungan sosial nya.

4. Konselor

Konselor ini merupakan seorang profesional yang bekerja memberikan jasa konselling kepada kliennya. Tujuan utama sorang konsellor adalah membantu kliennya dalam menentukan pilihan ketika kliennya tersebut sedang menghadapi masalah yang berat dan tidak bisa di pecahkan sendiri oleh dirinya.

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan jurusan Sosiologi. Semoga bermanfaat ya guys, goodluck 🙂

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Ben Russell | Flickr

loading...
Share this :
loading...