//Nah lho, Inilah 5 Dampak Buruk dari Kebiasaan Mencontek !

Nah lho, Inilah 5 Dampak Buruk dari Kebiasaan Mencontek !

Mencontek, ada yang sangat familiar dengan kata ini ? Pernah mencontek ? Saya sih yakin kamu tidak pernah mencontek ya hehe. Jadi buat orang seperti kamu ini pertahankan karena ternyata dampak dari mencontek ini buruk banget lho teman.

Dan, kalaupun kamu memang sudah kebiasaan, bahkan sudah biasa mencontek dari SD, wah kamu mesti tobat nih teman. Langsung aja nih, biar kamu segera tobat dari kebiasaan buruk yang menggoda jiwa ini, nih 5 dampak buruk bagi orang yang suka nyontek !

1. Tidak Punya Kepercayaan Diri

Secara tidak langsung, dengan mencontek kamu telah menyuruh alam bawah sadar kamu untuk lebih mempercayai orang lain dan itu artinya kamu bahkan tidak percaya dengan dirimu sendiri. Mungkin ada yang berfikiran, “ah gapapa lah nyontek, asal lulus !”, wah bahaya banget pemikiran seperti ini.

Mencontek membuatmu merasa sangat lemah dan tidak menghargai karunia tuhan, bahwa kamu sama seperti orang lain, dan jika orang lain bisa maka toh kenapa kamu tidak bisa ?

2. Semakin Malas

Mungkin suatu hari kamu malas belajar, sedangkan besoknya ujian dan kamu akhirnya terpaksa mencontek karena kamu tidak tahu apapa. Alhasil otak kamu terprogram untuk berada di zona nyaman bahwa mencontek adalah solusi paling enak. Kamu tidak perlu pusing-pusing tapi bisa mengerjakan, itulah yang jadi penyakin di otak kamu hingga akhirnya kamu jadi anak malas.

Lalu, jika kamu terus-terusan jadi orang malas, bagaimana dengan mimpi dan cita-cita kamu. Ingatlah, kamu punya masa depan dan jangan sampai kamu menyesali diri di masa depan karena kamu malas saat ini.

3. Jadi Orang Bodoh

Sudah tidak punya kepercayaan diri, males pula, jadinya apa ? ya kamu semakin bodoh dan tidak mau belajar. Yang bisa kamu lakukan hanya mengandalkan orang lain dan berdoa pengawasnya sering ke toilet.

Apakah kamu mau jadi orang bodoh ? tidak tahu apa dan males berfikir ? jangan sampai deh gak keren !

Jadi orang pintar memang bukanlah sebuah kewajiban, tapi apa mau kamu di sebut bodoh ?

4. Jadi Pembohong

Apa artinya nilai yang kamu dapatkan ? kamu hanya membohongi pengajar kamu dan bahkan diri kamu sendiri. Dan ingat ini juga bisa menjadi kebiasaan buruk apalagi kalau terbawa pada hal-hal lainnya. Sekalinya kamu berbohong, susah untuk kamu dipercayai oleh orang lain.

Dan fakta yang paling bahaya adalah bahwa selama kamu berbohong maka hidup kamu tidak akan pernah tenang dan takut kebohongan kamu terbongkar hingga munculah kebohongan-kebohongan berikutnya.

5. Korupsi

Dampak buruk jangka panjangnya ialah Korupsi. Terbiasa nyontek dan membohongi dosen, setelah lulus juga cari jalan pintas untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya tanpa ada usaha yang besar, jadilah korupsi, ketangkep ya masuk penjara. Jangan deh jangan !

Intinya, biasakan diri untuk senantiasa jujur pada diri sendiri, belajar percaya pada diri sendiri. Hidup kita, kita yang tentukan, lebih baik berubah sekarang daripada nanti kesusahan.

 

Penulis : Setia

Foto Ilustrasi dari www.campusexplorer.com

 

 

 

loading...
Share this :
loading...