//Menristekdikti : Ijazah Tak Perlu Lagi di Legalisir

Menristekdikti : Ijazah Tak Perlu Lagi di Legalisir

Dilansir dari dikti.go.id, terkait dengan permasalahan ijazah, selama ini Nasir jelaskan bahwa ijazah kebanyakan bermasalah, untuk itu Nasir akan mewajibkan setiap Perguruan Tinggi untuk mengikuti program Penomoran Ijazah Nasional (PIN). (9/1)

“Jadi kedepan, tidak perlu lagi ada legalisir ijazah lulusan Perguruan Tinggi Indonesia. Misal industri ingin tahu lulusan yang akan diterimanya, hanya tinggal mengecek melalui Sistem Verifikasi Ijazah Online/Elektronik (SIVIL),” jelasnya.

Dengan demikian, lanjutnya, permasalahan-permasalahan ijazah palsu akan bisa dieliminir lebih awal. Industri menerima lulusan yang memang sesuai dan diinginkan.

“Apalagi yang jual beli ijazah, kalau ketahuan, langsung kami tutup. Dan kami serahkan kepada penegak hukum,” tegasnya.

Mudah-mudahan, rencana tersebut bisa terlaksana secepatnya, karena jika program ini di realisasikan maka bisa membuat sistem yang lebih baik dan terdata.

Kasus ijazah palsu memang patut membuat resah semua kalangan, baik terutama dari industri. Praktek penjualan ijazah sarjana palsu bai S1, S2, bahkan s3. Bahkan di duga bahwa sudah ratusan bahkan ribuah ijazah palsu sudah beredar di Indonesia baik lembaga yang mengatasnamakan perguruan tinggi luar negeri mapun perguruan tinggi dalam negeri.

Featured Image By dikti.go.id

loading...
Share this :
loading...