//Mengenal Jurusan Teknik Perkapalan dan Peluang Kerja-nya

Mengenal Jurusan Teknik Perkapalan dan Peluang Kerja-nya

Teknik perkapalan  merupakan sebuah program studi yang mempelajari sebuah sistem kerja kapal yang menyangkut perencanaan dan pembangunan sebuah kapal, dari bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi. Ilmu teknik perkapalan juga diterapkan dalam perkembangan bahari/kelautan di Indonesia, antara lain digunakan sebagai transportasi, eksplorasi hidrokarbon laut, fishing (pemancingan, red), rekreasi laut, dan juga keamanan perairan Indonesia.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari jika masuk ke program studi ini di antaranya ialah : Material Teknik, Teori Bangunan Kapal, Keselamatan Kerja, Etika Engineering, Pemanfaatan Sumberdaya Laut, Pemodelan Kapal, Termofluida, Manajemen Produksi Kapal, Sistem dan Perlengkapan Kapal, Manajemen Pemeliharaan Kapal dan lain sebagainya.

Setelah lulus, kamu akan mempunyai keahlian dalam beberapa bidang seperti :  Teknik Perencanaan, Konstruksi dan Kekuatan, Hidrodinamika, dan Teknik Produksi Kapal

Prospek Kerja

Prospek kerja dari Teknik Perkapalan ini cukup menggiurkan mengingat kapal tingkat produksinya terus meningkat, termasuk di dalam negeri seiring dengan berbagai kebutuhan pelayaran seperti pariwisata, transportasi, penangkapan ikan dan lain sebagainya. Berikut beberapa prospek kerja Teknik Perkapalan :

1. Marine Engineer

Marine Engineer adalah prospek utama bagi lulusan Teknik Perkapalan sesuai dengan kompetensinya dalam membuat atau memproduksi kapal laut. Beberapa perusahaan pembuatan kapal terkenal seperti Global Maritime, Saipem, McDermott, dan banyak lagi yang lainnya bisa menjadi pilihan setelah lulus.

2. Surveyor Production

Dalam pembuatan sebuah kapal, melibatkan berbagai pihak, dan kamu bisa menjadi surveyor untuk perusahaan klasifikasi ataupun lansung bekerjasama dengan  orang yang berkepentingan dalam membuat kapal tersebut.

3.  Instansi Pemerintahan

Jika tidak ingin bekerja di perusahaan swasta, kamu bisa saja mencoba peruntungan mendaftar menjadi pegawai negeri sipil di berbagai instansi pemerintahan yang selaras dengan kompetensi kamu, seperti Kementrian Kelautan, Kemntrian Perindustrian dan lain sebagainya.

4. Pengusaha

Jika kamu mempunyai passion dalam bidang bisnis, kamu juga bisa menjadi seorang entrepreneur setelah lulus nantinya. Kamu bisa mengeluti bisnis apa saja, namun tentu saja yang paling sesuai dengan pengetahuan kamu adalah bisnis dalam industri perkapalan.

5. Engineering di bidang lainnya

Lulusan teknik tidak harus terpaku dalam satu bidang, jika merasa mampu untuk bekerja di bidang teknik lainnya seperti di perusahaan minyak dan gas juga tidak tertutup untuk kamu.

Jika kamu tertarik untuk masuk ke program studi ini, beberapa PTN ini memiliki program Studi Teknik Perkapalan : Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Pattimura Ambon.

Image By Donal Man | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US