//Melakukan 5 Hal Ini Dapat Menurunkan IQ Kamu

Melakukan 5 Hal Ini Dapat Menurunkan IQ Kamu

Otak manusia terus mengalami perubahan, dari dulu IQ otak manusia dikatakan para peneliti terus meningkat. Namun ada sebuah penelitian terbaru bahwa akhir-akhri ini IQ otak manusia mengalami penurunan, seiring dengan kebiasaan-kebiasaan buruk dan merusak otak yang dilakukan manusia masa kini.

Inilah 5 hal yang dapat menurunkan skor IQ kamu :

1. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Lemak

Yap, ternyata makanan yang mengandung banyak lemak jenuh bisa menurunkan IQ kita. Selain itu, menurut studi dari University of Montreal, kebanyakan mengkonsumsi lemak jenuh ini akan menyebabkan gangguan di sirkuit otak, sehingga dampaknya bisa berupa gangguan mood dan kecanduan untuk makan berlebihan. Maka hindarilah terlalu banyak makanan tinggi lemak.

2. Mengkonsumsi Banyak Gula

Ternyata, gula ini juga bisa menurunkan IQ kita lho, terlalu banyak mengkonsumsi makanan bergula bisa memperlmabat Insulin untuk membantu sel-sel otak kita. Sehingga otak kita akan sedikit lemot.

3. Mengunyah Permen Karet

Kamu pasti pernah mendengar bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan kualitas konsentrasi kita. Namun ternyata, menurut eksperimen terbaru justru menunjukan bahwa mengunyah permen karet ini bisa mengalihkan fokus kita saat mengingat dan mempelajari sesuatu.

4. Multitasking

Memang sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa multitasking ini adalah sebuah kegiatan yang sangat berbahaya. Multitasking atau melakukan berbagai hal sekaligus ini ternyata bisa juga berdampak buruk untuk IQ kita. Menurut seorang ahli syaraf, Earl Miller mengutarakan bahwa melakukan kegiatan multitasking akan membuat kerja otak kita menurun karena ketika multitasking kita menggunakan glukosa yang merupakan bensin otak lebih boros.

5. Googling

Yang terkahir ini mau tidak mau harus kita akui, pasti setiap orang hampir pernah melakukan apa yang namanya googling. Lalu kenapa googling ini bisa menurunkan IQ kita ?

Ya, menurut para peneliti otak kita ketika googling akan mendapatkan banyak sekali informasi dengan mudahnya, namun tidak akan mampu mengingatnya dalam jangka panjang, karena informasi yang kita terima terlalu banyak. Itulah mengapa kita kesulitan untuk mengingat apa yang telah kita cari, dan malah harus terus mencari kembali untuk mendapatkan informasi tersebut berulang-ulang.

Sumber : The Telegraph

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Alan Ajifo | Flickr

loading...
Share this :
loading...