//Keuntungan dan Kerugian Menjadi Seorang Freelancer

Keuntungan dan Kerugian Menjadi Seorang Freelancer

Saat ini muncul fenomena pekerjaan baru, yakni menjadi seorang Freelancer. Jika dahulu bekerja selalu identik dengan yang namanya kantor, dibatas dengan waktu serta peraturan yang terikat. Saat ini banyak anak muda yang memilih bekerja Freelance karena satu dan lain hal. Jadi Freelance ini merupakan pekerjaan tanpa ikatan perjanjian jangka panjang dan tanpa peraturan ketat kantor, yang penting beres dan memuaskan. Lalu apa saja sih keuntungan dan kerugian menjadi seorang Freelancer ? Simak selengkapnya !

Sebelumnya, inilah beberapa contoh pekerjaan Freelance seperti : Penulis Buku, Ftografer, Pembawa Acara, Desainer, Penerjemaah, Motivator, Guru Privat dan lain sebaginya.

Keuntungan

1. Waktu kerja flexibel

Jika kamu menjadi seorang freelancer, kamu tidak akan dipusingkan dengan peraturan dan rutinitas membosankan di dalam kantor. Kamu bebas untuk melaksanakan pekerjaan kamu, kapanpun dan dimanapun. Jika kamu merasa bekerja dirumah di jam malam lebih tepat untuk kamu, ya maka kamu bisa bekerja seenaknya sesuai dengan apa yang kamu inginkan tentunya.

2. Penghasilan tidak terbatas

Yap, tidak ada gaji yang tetap di tiap bulannya, kamu bisa mendapatkan penghasilan lebih besar daripada karyawan biasa. Semua tergantung pada kemampuan dan ketekunan diri kita sendiri. Meskipun kamu tidak mempunyai kontrak jangka panjang dengan perusahaan, tapi boleh jadi kamu mengankut lebih banyak uang daripada karyawan tetap perusahaan.

3. Banyak pengalaman dan networking

Kamu akan bekerja dengan beda-beda perusahaan ataupun bos yang membutuhkan jasa kamu. Kamu akan terus belajar dan meningkatkan kemampuan kamu dari waktu ke waktu. Yanag paling penting juga kamu akan mempunyai banyak kenalan dari berbagai perusahaan yang menggunakan jasa kamu.

4. Lebih mandiri

Menjadi seorang freelancer berarti hanya bergantung pada dirimu sendiri, jika kamu tidak bergerak ya kamu tidak mendapatkan apapun. Kamu tidaklah bergatung pada sebuah lembaga yang secara pasti dan continue mensuport kamu, ini akan menjadikan kamu lebih mandiri dalam mencari penghasilan.

Kerugian

1. Pekerjaan dan penghasilan tidak menentu

Ya, yang namanya freelancer pasti akan dihadapkan pada suasana dimana pekerjaan dan proyek yang dikerjakan sedang surut. Sehingga penghasilan perbulan juga tidak menentu. Tidak ada batas atas dan batas bawah penghasilan yang bisa kamu dapatkan. Itu tergantung pada kamu sendiri membangun jaringan dan mencari proyek yang bisa kamu kerjakan.

2. Tidak ada jaminan

Sekali lagi, tidak akan ada jaminan apapun untuk kamu, termasuk jaminan kesehatan dan jaminan ketenaga kerjaan lainnya.Yang harus menjamin dan menanggung resiko ya diri kamu sendiri. Perusahaan atau orang yang bekerja sama dengan kamu jarang akan memberikan jaminan seperti yang karyawan dapatkan.

3. Bekera overtime

Memang waktu yang bekerja begitu flexibel dan bisa kamu sesuaikan. Namun yang namanya pekerjaan proyek, akan lebih banyak tekanan dan harus selesai tepat waktu demi kepuasan klien. Oleh karenanya kamu akan melewati masa-masa dimana kamu akan bekerja lebih dari 8 jam sehari. Dan itu juga bisa mempengaruhi kesehatan kamu tentunya. Sehingga bagi seorang freelancer, dibutuhkan mental dan kemampuan terbaik untuk mengelola waktu.

Image Source : abductit | Flickr

loading...
Share this :
loading...