//Inilah Cara-cara Membuat CV dan Surat Lamaran yang Baik dan Benar

Inilah Cara-cara Membuat CV dan Surat Lamaran yang Baik dan Benar

CV (Curriculum Vitae) merupakan berkas penting yang harus kamu kirim ke perusahaan saat kamu akan melamar sebuah pekerjaan di perusahaan tersebut.

Nantinya, CV tersebut akan di kirim bersamaan dengan surat lamaran. Berikut ada beberapa tips bagaimana cara membuat CV dan Surat lamaran dari ITB Career Center.

Pertama CV, beberapa cara membuat CV yang benar menurut ITB Career Center ialah :

  1. CV yang baik harus dibuat di kertas yang berkualitas bagus walaupun cost yang dikeluarkan nanti akan lebih mahal.
  2. CV tidak boleh lebih banyak dari 2 Halaman.
  3. Jangan mengawali CV dengan tulisan “Curriculum Vitae”
  4. Jangan menuliskan kalimat-kalimat deskripsi dalam CV, seperti : “Saya adalah manusia yang berpendidikan dan berdedikasi terhadap perusahaan”, biarkan fakta yang berbicara.
  5. Selalu tuliskan data-data pribadi seperti : – Data diri: Nama Lengkap, Nomor Ponsel yang bisa dihubungi, Alamat Email. – Data Pendidikan: Kuliah di mana, lulus dengan gelar apa dan tahun berapa, IPK berapa. Tak menuliskan SD, SMP, SMA di mana juga tak apa. – Pengalaman kerja (kalau sudah pernah kerja) yang relevan (nyambung bidangnya) dengan pekerjaan yang dilamar sekarang. – Hobi, pengalaman organisasi. >> Maksimal 2 lembar cukup. – Sertakan berkas-berkas penting yang diminta: copy ijazah, transkrip, sertifikat TOEFL/TOEIC, dll.

Berikut video tutorialnya :

Kedua, membuat Cover Letter atau Surat Lamaran kerja. Setelah membuat CV maka hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membuat cover letter.

1. Membuat cover letter juga tidak butuh banyak kertas, hanya 2 atau 3 halaman saja.

2. Tulis beberapa hal ini dalam setiap paragraf :

  • Paragraf pertama : berisi tentang darimana kamu mengetahui tentang lowongan pekerjaan ini, jika kamu tahu dari seseorang maka kamu harus menuliskannnya, siapa beliau dan apa hubungannnya dengan anda. Jika kamu mencari sendiri maka kamu harus menuliskan dari mana kamu tahu pekerjaan tersebut dan mengapa kamu tertarik dengan pekerjaan itu.
  • Paragraf kedua : berisi poin-poin tentang siapa diri kamu, apakah kamu seorang fresh graduate, atau sudah berpengalaman kerja sebelumnya. Jika sebelumnya pernah bekerja, maka tulislah perusahaan-perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya. Jika Fresh Graduate maka cantumkanlah IPK dan Almamater kamu. Jika kalian memiliki pengalaman lain yang berhubungan dengan profesi ini maka bisa mencantumkannya, tapi jangan terlalu banyak.
  • Setelah jadi formatnya, maka rubahlah paragraf-paragraf tersebut menjadi sebuah paragraf yang padu dan enak untuk dibaca.
  • Terakhir jangan lupa cek dan tuliskan naman beserta perusahaan yang di tuju di paling atas halaman.

Berikut videonya :

Semangat 🙂 !

loading...
Share this :
loading...