//Inilah Alasan Anies Baswedan Larang MOS

Inilah Alasan Anies Baswedan Larang MOS

Tahun ini, tahun ajaran 2016/2017, sebuah terobosan baru di gaungkan oleh Mendikbud Anies Baswedan yang banyak mengundang apresiasi dari berbagai kalangan. Ya, Masa Orientasi Siswa baru (MOS) yang telah menjadi tradisi tersendiri di pendidikan Indonesia akan di hilangkan. Lalu apakah alasan sesungguhnya kenapa MOS dilarang oleh Anies ?

Anies menjawab di sebuah acara berita pagi di salah satu statiun tv swasta Indonesia pagi tadi (15/7/16). Ada beberapa alasan yang bisa disimpulkan oleh kita yakni :

1. MOS rawan perpeloncoan dan bullying

Yang pertama adalah, setiap tahun dan setiap kali pengadaannya MOS selalu menimbulkan kasus negatif yang salah satunya adalah tindakan tidak patut dari senior ke junior seperti perpeloncoan dan bullying.

2. MOS identik dengan kekerasan

Selain bullying, bahkan setiap tahun ada saja tindakan kekerasan yang dilakukan oleh oknum senior kepada juniornya. Selalu saja ada berita korban meninggal setiap tahunnya yang menimpa siswa yang melaksanakan kegiatan MOS.

3. Kurang Bermanfaat

Bisa dibilang jika tugas-tugas yang diberikan di kegiatan MOS ini kebanyakan tidak mempunyai manfaat yang baik seperti topi kerucut, atau menghitung benda, dan tugas teka-teki aneh yang tidak ada guna lainnya. Sehingga untuk tahunini MOS akan digantikan oleh PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang akan dan harus di handle oleh guru tanpa melibatkan siswa. Bahkan PLS ini sudah disiapkan konsep-konsepnya seperti apa.

(sta)

Image Source :  Australian Embassy Jakarta

loading...
Share this :
loading...