//Hemm..Inilah 10 Kota Paling Macet di Indonesia !

Hemm..Inilah 10 Kota Paling Macet di Indonesia !

Pertumbuhan kendaraan di negara kita bisa di bilang sangat tinggi, sementara itu pertumbuhan ruas jalan, baik panjang maupun lebarnya di setiap kota-kota yang ada di Indonesia cenderung stagnan. Hal ini pula yang mengakibatkan kemacetan tidak bisa terelakan terjadi di berbagai kota besar di Indonesia, dan bukantidak mungkin beberapa kota kecil di tahun-tahun yang akan datang akan mengalami hal yang serupa.

Jakarta, sebagai kota ibu kota negara kerap di sebut-sebut sebagai tempat yang sangat tidak mengenakan bagi pengendara. Kemacetan yang kerap terjadi di kota Jakarta ini membuatnya disebut sebagai kota termacet di Indonesia. Akan tetapi, berdasarkan data dari Kemenhub, ternyata Jakarta bukanlah kota paling macet di Indonesia.

Lalu kota mana sajakah yang termasuk ke dalam 10 Kota termacet di Indonesia ? Berikut daftarnya berdasarkan Data Direktorat Bina Sistem Transportasi Perkotaan (BTSP) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan  dengan menggunakan pengukuran VC (volume to capacity) ratio mengindikasikan volume kendaraan sudah mendekati kapasitas jalan yang tersedia. Jika VC ratio di atas 0,70%, maka kondisi jalan bisa dipastikan sudah padat.

1. Bogor

Kota hujan yang terkenal dengan kesejukan dan ketenangan ternyata sudah tidak lagi menjadi kota yang ramah bagi pengguna pengendara bermotor, secara rata-rata pengendara hanya bisa melaju 15,32 km/jam dengan VC ratio 0,86.

2. DKI Jakarta

Meskipun DKI Jakarta sudah memiliki banyak tol dalam kota, juka mulai di kembangkan transportasi umum, namun jumlah pengendara yang membludak, bahkan dari pengendara luar Jakarta, maka jika di hitung rata-rata kecepatan di jakarta adalah 10-20 km/jam dengan VC ratio 0,85.

3. Bandung

Paris van java, begitulah julukan kota modis yang satu ini. Namun saat ini kota Bandung semakin padat oleh pengendara, bahkan kemacetan terus menjamur, apalagi jika akhir pekan karena bandung yang banyak dikunjungi wisatawan luar kota jika di akhir pekan. Kecepatan rata-rata di kota kembang 14,3 km/jam dan VC ratio 0,85 sama dengan DKI Jakarta.

4. Surabaya

Ibu kota Jawa Timur juga mulai terjangkit macet dengan kecepatan rata-rata yang di capai 21 km/jam dan VC ratio 0,83.

5. Depok

Kota kecil di pinggiran Ibu kota ini dari dulu memang sudah terkenal dengan kemcetannya, kecepatan yang rata-rata hany 21,4 km/jam dan VC ratio 0,83 betapa macetnya kota Depok ini.

6. Bekasi

Bekasi tidak berbeda jauh dari Depok. Mulai di bangunnya banyak perumahan-perumahan di Kota Ini menjadikan kemcetan juga meningkat. Orang rata-rata hanya bisa memacu kendaraan 21,86 km/jam dengan VC ratio 0,83.

7. Tangerang

Kota di barat Ibu Kota Jakarta ini merupakan Kota yang padat, baik dari segi penduduk maupun kendaraannya. Rata-rata penduduk kota ini bekerja di Jakarta, sehingga ketika jam-jam berangkat ataupun pulang kerja maka kemacetan sudah menjadi barang pasti. Rata-rata kecepatan yang hanya 22 km/jam dengan VC ratio 0,82 membuktikan hal tersebut.

8. Medan

Medan merupakan kota metropolitan terbesar di pulau Sumatera. Ini juga yang menjadikan pengendara di kota ini hanya bisa memacu rata-rata kendaraannya 23,4 km/jam dan memiliki VC ratio 0,76.

9. Makassar

Sebagai kota terbesar di Wilayah Indonesia Timur, Makassar memiliki kecepatan rata-rata pengendara yaitu 24,06 km/jam dan VC ratio 0,73.

10. Semarang

Semarang, Ibu Kota Jawa Tengah ini memiliki kecepatan rata-rata 27 km/jam dan VC ratio 0,72.

Selain sepuluh kota tersebut, ada beberapa kota yang mulai mengalami kemacetan seperti Yogyakarta, Malang, dan Denpasar.

loading...
Share this :
loading...