//Hari Valentine, UI dan Mentri Pendidikan Belanda PDKT Kerjasama Pendidikan

Hari Valentine, UI dan Mentri Pendidikan Belanda PDKT Kerjasama Pendidikan

Selasa (14/2/2017) kemarin bukan saja hari Valentine, tapi juga merupakan hari yang spesial bagi hubungan kerjasama Indonesia dan Belanda di bidang pendidikan.

Seperti yang di lansir di laman resmi UI (Universitas Indonesia), Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Mariette Bussemaker beserta delegasi pendidikan Belanda datang ke UI mengadakan pertemuan penjajakan kerja sama.

Dalam pertemuan tersebut, Mariette Bussemaker menawarkan untuk memperkuat kerja sama kebudayaan serta dalam bidang pendidikan kejuruan antara universitas-universitas di Belanda dan UI.

Perwakilan universitas di Belanda yang hadir di antaranya adalah Han van Krieken (Rektor Radboud University) dan Win Boomkamp (Presiden Saxion University of Applied Sciences).

Jajaran pimpinan UI yang hadir terdiri dari rektor dan dekan-dekan dari seluruh fakultas yang ada di UI. Rektor UI Prof.Dr.Ir. Muhammad Anis, M. Met., dalam kesempatan tersebut menawarkan kerjasama dalam bidang multidisiplin.

“Manajemen air, manajemen sampah, serta kerjasama dalam bidang energi terbarukan mungkin dapat dilakukan, karena kami juga sudah mempunyai pusat-pusat penelitian yang berkonsentrasi pada hal-hal tersebut,” ujar Anis.

Pihak Belanda juga menyampaikan keinginan besar mereka untuk bekerja sama dalam bidang pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia, big data, serta pendidikan vokasi untuk pemenuhan permintaan tenaga kerja.

Kunjungan ke UI ini adalah bagian dari kunjungan kebudayaan Mariette Bussemaker ke Indonesia yang diadakan dari tanggal 12-16 Februari 2017.

Dalam kunjungan ini, selain menjajaki kerjasama dengan UI, Mariette juga mengunjungi Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

Sebelumnya, Menteri Bussemaker juga telah mengunjungi istana menemui Presiden Jokowi dan Menteri Riset dan Teknologi, Muhammad Nasir dan Menteri Pendidikan, Muhadjir Effendy.

Tujuan dari kunjungan ini adalah memperkuat hubungan antara Belanda dan Indonesia di bidang pendidikan tinggi, pendidikan kejuruan, dan di bidang warisan budaya.

loading...
Share this :
loading...