//Gampang, Ini 6 Cara Agar Bisa Menerapkan Kebiasaan Baru Dengan Baik !

Gampang, Ini 6 Cara Agar Bisa Menerapkan Kebiasaan Baru Dengan Baik !

Kamu mungkin sudah kesal dengan segala kebiasaan buruk kamu dan ingin berubah, namun setiap kali mencoba untuk berubah, kamu nggak bisa bertahan lama dan kembali lagi pada kebiasaan semula.

Contohnya kamu mungkin saja sudah muak dengan kebiasaan kamu bangun siang, kebiasaan telat, kebiasaan malas beribadah, dan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya.

Memang, menerapkan kebiasaan baru bukanlah perkara yang mudah, namun bukan pula tidak mungkin.

Sebenernya gampang kok, kamu bisa klop dengan kebiasaan baru yang kamu inginkan jika kamu menerapkan 6 hal berikut ini :

1. Komitmen selama 30 hari

Kamu butuh komitmen yang kuat buat berubah, dan jika kamu sanggup melakukan hal tersebut selama 30 hari secara berturut-turut, maka kamu dengan mudah akan terbiasa dengan kebiasaan tersebut untuk hidupmu berikutnya. Cobalah tandai Kalendermu dan buat coretan hari-hari yang harus kamu lalui dengan kebiasaan baru tersebut.

2. Mulai dengan simpel

Tidak ada yang bisa merubah hidup dengan satu hari dan langsung melakukan hal besar. Mulai lah dari tahapan paling mudah danb secara bertahap tingkatkan ke tahap berikutnya. Contohnya jika kamu ingin menerapkan kebiasaan belajar 2 jam per hari, maka mulai lah dengan belajar 20-30 menit di hari pertama dan meningkat di hari-hari berikutnya hingga kamu bisa belajar 2 jam perhati secara rutin.

3. Buat pengingat

Untuk menjalanakan kebiasaan baru, di awal awal mungkin kamu bisa terus ingat, tapi setelah memasuki seminggu – dua minggu, kamu akan mulai lupa dan jenuh dengan hal tersebut. Buatlah pengingat seperti note di kamar kamu, atau alarm hape kamu yang mengingatkan kamu untuk melakukan hal yang harus kamu lakukan.

4. Konsisten

Dari misi 30 hari kamu, usahakan jangan sampai ada yang bolong, cobalah untuk konsisten. Konsisten memang bisa di bilang sebagai bagian terberat dalam misi kamu. Tapi, jika kamu bisa melewati hari-hari kamu dengan konsisten maka keberhasilan ada di depan kamu.

5. Bergaul dengan Role Model

Lingkungan adalah hal yang sangat-sangat mempengaruhi. Jika kamu ingin mempunyai badan yang sehat dan rajin olahraga, maka bergabunglah di komunitas Fitness. Jika ingin menerapkan kebiasaan belajar, maka bergabung dengan orang-orang di perpustakaan, dan lain sejenisnya. Bayangkan jika kamu ingin menjadi seorang pembelajar, tapi lingkungan kamu adalah orang-orang yang tidak mendukung untuk hal tersebut, maka semuanya akan sangat-sangat berat.

6. Sabar

Hal yang terakhir adalah sabar. jangan mengharapkan kamu akan bisa berubah dengan mudah, dan jangan mudah frustasi jika kamu menemui kesulitan, terus mencoba-dan mencoba lagi sampai kamu biasa dengan kebiasaan baru kamu.

Siap untuk berubah ?

 

 

loading...
Share this :
loading...