//Dampak MEA, Sudahkah Terasa ?

Dampak MEA, Sudahkah Terasa ?

Ya, sejak beberapa tahun belakangan ini MEA sudah resmi dibuka dan yang sudah pasti ada pengaruh dan dampak yang kita rasakan, lalu sudahkah kamu merasakan dampak tersebut ?

MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean sudah sangat jelas mempertegas dan membuka lebar kerjasama antar negara di kawasan Asia Tenggara. MEA juga merupakan ajang persaingan perdanganggan bebas antara Negara-negara ASEAN dimana Negara lain bebas masuk membuka usaha dan megekspor barang dari Negaranya.

Di buatnya MEA agar Negara-negara di ASEAN mampu meningkatkan kerja sama di bidang perekonomian, bentuk kerja sama ini bertujuan agar terciptanya aliaran bebas barang, jasa, dan tenaga kerja.

Bukan saja di bidang ekonomi, kerjasama dibidang pendidikan juga sangat kuat seperti dengan adanya Asean University Network dan saling terbukanya Universitas-universitas di Asean untuk urusan pertukaran pelajar serta beasiswa untuk para pelajar di kawasan Asean.

Selain itu, kamu juga mungkin sudah melihat bagaiman banyak produk-produk dari Thailand, Vietnam, Malaysia yang sudah mulai muncul di dala negri terutama di bidang elektronik dan automotif.

Sementara itu untuk urusan tenaga kerja, kita harus sangat bersiap. Di berbagai bidang Industri perhotelan saja, banyak tenaga kerja asing dari Filipina dan Thailand yang bekerja di hotel di bali.

Bahkan di thailand, para pedagang disana banyak yang fasih berbahasa Indonesia dan menerima penjualan melalui rupiah. Tentu saja fenomena ini semakin menggambarkan bagaimana kesiapan bangsa-bangsa lain dalam bersaing dengan kita.

Memang bukan hanya mereka yang menyerang kita, ada beberapa kabar baik dari sektor e-commerce yang telah berekspansi ke negara lain di Asean, namun tentu kita harus semakin siap dengan apa yang akan terjadi kedepannya.

Melihat penduduk kita yang begitu banyak, jika kita tidak bisa menguasai negara kita sendiri, bagaimana bisa kita menjadi bangsa yang kuat. Apalagi perkiraan penduduk Indonesia yang akan mendapatkan bonus demografi di tahun 2030 dimana jumlah angkatan kerja kita mencapai angka yang sangat besar, namun akankah bonus tersebut menjadi berkah yang luar biasa, atau hanya akan menjadi beban berat bagi negara ? Itulah tergantung kita para mahasiswa yang saat ini berjuang di bangku sekolah.

Sudah siapkah dirimu dengan persaingan itu ?

Penulis : Setia

Image from : strategidanbisnis.com

loading...
Share this :
loading...