//Daftar Negara Pemberi Beasiswa Penuh

Daftar Negara Pemberi Beasiswa Penuh

Jika membahas beasiswa, banyak yang langsung berfikir tentang luar negeri. Sudah pergi ke luar negeri, di biayai, dan penuh lagi. Tapi memang tidak semua beasiswa ke luar negeri itu yang merupakan beasiswa penuh. Lalu, negara mana saja daftar negara pemberi beasiswa penuh untuk mahasiswa Indonesia ?

Banyak negara maju yang memberikan fasilitas belajar gratis, dan malah di biayai secara penuh. Untuk mahasiswa Indonesia sendiri, ada beberapa negara yang telah bekerja sama dari tahun-tahun ke belakang untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM kita. Berikut daftar Negara pemberi beasiswa penuh untuk mahasiswa Indonesia :

1. Jerman

Negara Eropa barat ini mempunyai program beasiswa penuh bernama DAAD Scholarship. Merupakan Beasiswa yang di khusukan untuk calon mahasiswa dari negara-negara berkembang seperti Indonesia. Beasiswa ini hanya untuk Postgraduate saja. DAAD adalah Dinas Pertukaran Akademis Jerman.

2. Australia

Negara tetangga Indonesia ini mempunyai program beasiswa yang cukup terkenal di kalangan mahasiswa Indonesia yakni beasiswa Australian Award Scholarship. Beasiswa yang di tawarkan ini di perunutkan untuk calon mahasiswa tingkat apapun baik itu Vokasi, Pelatihan Kerja, S1, S2 dan S3. Di Australia sendiri cukup banyak sekali mahasiswa Indonesia yang bisa di temui di setiap Universitas nya.

3. Inggris

Di Inggris ada beasiswa British Chevening Scholarships. Beeasiswa ini adalah beasiswa yang di berikan oleh pemerintah Inggris untuk mahasiswa dari berbagai negara berkembang termasuk Indonesia. Program ini hanya berlaku untuk calon mahasiswa Pascasarjana.

4. Belanda

Negara yang pernah menjajah Indonesia ini merupakan salah satu negara yang begitu konsen terhadapa pendidikan. Bukan hanya pendidikan masyarkatnya, Belanda juga membantu calon mahasiswa asing yang ingin belajar di Belanda dan memberikan beasiswa untuk mahasiswa negara-negara berkembang. Beasiswa penuh The Netherlands Fellowship Programmes (NFP). Beasiswa ini memberikan kesempatan untuk Kursus Singkat, Program gelar Master, dan Studi PhD.

5. Swiss

Swiss Government Scholarships for Foreign Students  adalah beasiswa dari pemerintah Swiss untuk calon mahasiswa yang akan mengejar penelitian doktor atau postdoctoral di Swiss di salah satu universitas negeri yang didanai atau lembaga yang diakui.

6. Amerika Serikat

Beasiswa Fullbright Scholarship adalah beasiswa yang sangat di impikan oleh setiap pencari beasiswa dari berbagai negara. Beasiswa ini di berikan untuk mahasiswa jenjang pascasarjana.

7. Swedia

Sweden scholarships for international studentsfrom developing countries adalah beasiswa dari pemerintah belgia untuk mahasiswa dari negara-negara berkembang untuk jengang Master studi/s2.

8. Belgia

Program beasiswa di swedia bernama VLIR-OUS. Beasiswa ini di peruntukan mahasiswa jenjang s2 serta pendidikan pelatihan.

 

Sumber : scholars4dev.com

Image source : M.Kemal | FLickr

loading...
Share this :
loading...