//Daftar Jenis Beasiswa di Indonesia

Daftar Jenis Beasiswa di Indonesia

Beasiswa merupakan hal yang banyak di kejar oleh calon peserta didik di Indonesia. Baik itu beasiswa dalam maupun beasiswa luar negeri. Untuk daftar jenis beasiswa di Indonesia ini ragam sekali, sehingga saat ini semakin mudah untuk mendapatkan beasiswa, dengan semakin banyaknya ragam beasiswa yang ada tersebut.

Namun, peminat beasiswa pun dari tahun ke tahun juga semakin meningkat. Untuk saat ini, terutama beasiswa ke luar negeri, persaingan semakin ketat. Ini karena persyaratan beasiswa itu sendiri yang tidak mengkedepankan masalah kurang mampu lagi. Sehingga hampir dari tiap golongan pun ikut berburu beasiswa.

Terutama untuk beasiswa luar negeri yang di berikan oleh pemerintah asing. Saat ini Indonesia sudah tidak dianggap terlalu membutuhkan beasiswa untuk yang kurang mampu, mengingat laju pertumbuhan negara kita yang semakin baik, dan dianggap negara berkembang menuju negara maju.

Baiklah, langsung saja kita bahas beberapa jenis Beasiswa yang ada di Indonesia saat ini :

1. Govenrment Scholarship / Beasiswa Pemerintah

Yang pertama adalah beasiswa yang di berikan oleh pihak pemerintah. Beasiswa ini juga banyaknya tergantung jenis dan lembaga mana yang memberikannya. Bisa beasiswa tersebut mefasilitasi pendidikan ke luar negeri ataupun, hanya di dalam negeri saja. Bisa merupakan beasiswa penuh (Full Scholarship), maupun beasiswa sebagian (Partial Scholarship).

Nah untuk contohnya, ada beberapa beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah di tahun-tahun sebelumnya seperti :

2. Industrial Scholarship / Beasiswa Swasta

Bukan hanya pemerintah, perusahaan-perusahaan swasta juga banyak yang memberikan beasiswa sebagai bentuk pertanggung jawaban sosial mereka terhadapa masyarakat, ataupun untuk mencari karyawan terbaik dari beasiswa tersebut.

Untuk di Indonesia sendiri, jenis beasiswa dari perusahaan yang rutin setiap tahunnya seperti : Beasiswa Djarum, Beasiswa Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan lain sebagainya.

3. Developed Country Scholarship / Beasiswa dari Negara Maju

Beasiswa ini, adalah beasiswa yang di berikan oleh negara-negara maju khususnya untuk negara seperti Indonesia ini yang sedang berkembang. Contoh beberapa negara maju yang banyak memberikan peluang bagi negara berkembang seperti Indonesia adalah : Jepang, New Zealand, Australia, Belanda, Jerman, Inggris, Amerika dan lain sebagianya.

4. Organizational Scholarship / Beasiswa dari Organisasi

Beasiswa juga ada yang di berikan organisasi-organisasi, baik itu organisasi dalam negeri, maupun organisasi luar negeri. Organisasi di sini maksudnya seperti Komunitas, Yayasan, Maupun Lembaga Sosial. Contoh beasiswa dari Yayasan seperti beasiswa Yayasan Habibie Center, Yayasan Supersemar dan Yayasan Tunas Unggul.

 

Image Source : GHATS | Flickr

loading...
Share this :
loading...